Begini Cara Membersihkan Handphone untuk Menghindari Virus Corona

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 20 Feb 2020 07:30 WIB
Man Cleaning Mobile Phone Screen With Yellow Cloth Over Wooden Desk Foto: AndreyPopov
Jakarta -

Banyak orang berusaha melakukan pencegahan virus corona dengan berbagai cara, termasuk dengan memakai masker. Karenanya, harga masker belakangan melonjak dan ketersediaannya cukup langka. Tapi tanpa disadari ada satu hal yang juga penting demi menghindari virus yakni membersihkan layar handphone.

Hal ini juga menjadi perhatian Direktur layanan medis di Kementerian Kesehatan Singapura, Kenneth Mak. Dalam sebuah konferensi pers baru-baru ini, ia menyebutkan jika belum ada bukti jika virus tersebut menular dari udara. Karenanya, melindungi diri dengan masker belum tentu cara paling efektif.

"Perhatikan dengan apa yang kamu sentuh. Hal yang paling sering disentuh adalah ponselmu, jadi pakai masker bukanlah hal paling penting," ungkap Kenneth Mak dilansir Straits Times.

Berbagai studi memang membuktikan bahwa handphone bisa mengandung banyak bakteri bahkan lebih dari dudukan toilet. Handphone bahkan dianggap sebagai salah satu barang paling kotor yang dimiliki setiap orang karena dibawa ke mana-mana, termasuk toilet. Bahayanya, ponsel sering dipakai dekat mata, hidung, dan bibir di mana virus corona menginfeksi.

Berdasarkan studi Massachusetts Institute of Technology, cara paling efektif untuk membersihkan handphone adalah alat sanitasi menggunakan sinar UV. Produk itu dikatakan merupakan metode terbaik untuk membunuh kuman pada permukaan ponsel. Sayangnya, alat itu sulit didapat dan harganya cukup mahal.

Meski begitu ada cara lebih mudah dan cukup efektif untuk membersihkan handphone. Yakni dengan mengelapnya dengan cairan alkohol. Ketika melakukannya, studi menyarankan agar Anda membersihkan sela-sela ponsel yang kadang mengandung lebih banyak bakteri daripada bagian layar.

Kepada Health, Microbiologist Charles Gerba mengatakan jika cairan pembersih handphone bisa dibuat di rumah. Caranya adalah dengan mencampurkan 60% air dengan 40% alkohol lalu lap handphone menggunakan kain microfiber yang direndam cairan itu. Jika tidak ada, bisa juga menggunakan kapas atau cotton bud. Hindari menyemprot langsung cairan tersebut langsung pada handphone.

Beberapa orang sering menggunakan tisu anti bakteri untuk membersihkan handphone. Meski cukup bisa membantu mengurangi penumpukan bakteri, tisu tersebut kurang disarankan karena bisa merusak lapisan anti air dan anti minyak pada layar. Tapi tisu anti bakteri bisa digunakan untuk membersihkan case handphone.

Jika membuat cairan pembersih handphone terlalu merepotkan, studi mengungkap jika Anda paling tidak bisa mengelapnya dengan kain microfiber. Lalu hindari pula menggunakan cairan pembersih lain, seperti untuk kaca, dapur, makeup, sabun, atau cuka untuk mengelap handphone.



Simak Video "Tahu Nggak Sih? Ini Daya Tahan Virus Corona di Berbagai Benda"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)