Dilengkapi Airbag dan Bluetooth, Inikah Helm Paling Aman di Dunia?

Hestianingsih - wolipop Senin, 16 Sep 2019 08:31 WIB
Foto: Dok. Hovding
Jakarta - Pakai helm wajib ditaati para pengendara demi keselamatan di jalan. Tipe helm beragam jenisnya dengan tingkat keamanan berbeda-beda saat dikenakan.

Nah, helm yang satu ini, disebut-sebut sebagai helm paling aman di dunia. Hovding, perusahaan asal Swedia, baru saja meluncurkan helm untuk pengendara sepeda yang mereka klaim sangat aman melindungi kepala jika terjadi kecelakaan.

Helm ini disebut paling aman karena dilengkapi airbag dan Bluetooth. Selain itu helm juga ditanamkan teknologi yang bisa menghubungi keluarga dekat secara otomatis jika terjadi kecelakaan pada pemakainya.


Seperti dikutip dari Metro, untuk menciptakan helm 'super aman' ini dibutuhkan waktu sekitar empat tahun penelitian dan pengembangan produk. Para peneliti pun mengadakan survei ke berbagai wilayah untuk mengetahui helm seperti apa yang kira-kira bisa memastikan keamanan pengendara.
Dilengkapi Airbag dan Bluetooth, Inikah Helm Paling Aman di Dunia?Foto: Dok. Hovding

"Survei kami dari para pengendara sepeda di tujuh kota besar di Eropa menunjukkan bahwa 70 persen orang akan lebih sering bersepeda jika mereka merasa lebih aman. Kami pun fokus pada hal ini dan ingin berkontribusi pada keamanan berkendara," jelas CEO Hovding Frederik Carling.

Selain airbag yang sudah dipatenkan, pada helm juga telah disematkan batere yang bisa tahan hingga 15 jam. Selain itu bisa tersambung dengan aplikasi iOS dan Android untuk mengumpulkan data di daerah mana saja yang rentan kecelakaan bagi pengendara sepeda.


Ketika kecelakaan terjadi, airbag akan mengembang dalam 0,1 detik, dan melindungi kepala serta leher untuk meminimalisir cedera. Setelah itu helm bisa digunakan untuk menghubungi keluarga atau teman terdekat korban yang siap menolong ketika kecelakaan parah terjadi.

Helm yang diklaim paling aman di dunia ini dijual dengan harga cukup tinggi. Untuk sebuah keamanan dan keselamatan, helm dibandrol £249 atau sekitar Rp 3,4 juta.

Simak Video "Memotret Pesepeda, Saat Hobi Jadi Pundi"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)