10 Cara Menambah Followers Instagram dengan Mudah dan Gratis

Virgina Maulita Putri - wolipop Kamis, 08 Agu 2019 21:10 WIB
10 Cara Menambah Followers Instagram dengan Mudah dan GratisFoto: Carl Court/Getty Images 10 Cara Menambah Followers Instagram dengan Mudah dan GratisFoto: Carl Court/Getty Images

Jakarta - Instagram merupakan salah satu media sosial yang terus tumbuh tiap tahunnya. Pada bulan Juni 2018, jumlah pengguna aktif bulanan Instagram bahkan telah mencapai satu miliar.

Banyaknya pengguna Instagram ini menjadikan media sosial tersebut sebagai tempat yang tepat untuk mempromosikan profil atau bisnis kalian. Tapi agar profil atau bisnis kalian bisa menjangkau banyak orang, tentu hal pertama yang harus dilakukan adalah mendapatkan followers sebanyak mungkin.



Lantas, bagaimana cara menambah followers Instagram aktif dengan mudah dan gratis? Di bawah ini adalah 10 cara yang bisa kalian lakukan untuk menambah followers Instagram yang dirangkum Wolipop dari berbagai sumber.

1. Jangan Buat Akun Privat

Jika kalian mengunci akun Instagram sama saja kalian tidak ingin banyak pengguna lainnya untuk melihat postingan kalian. Kalau akun Instagram kalian terbuka untuk publik, akan memudahkan kalian untuk memancing followers baru karena konten buatan kalian akan muncul di tab Explore yang bisa dilihat banyak orang.

2. Bikin Konten Menarik

Buat konten yang kalian unggah di Instagram semenarik mungkin. Bahkan sebisa mungkin buat konten kalian interaktif agar menarik perhatian banyak orang dan memancing mereka untuk meninggalkan komentar. Bentuk konten yang biasa sering dilirik adalah infografis, animasi, kuis atau video.

3. Gunakan Hashtag

Penggunaan hashtag atau tagar merupakan hal penting yang bisa kalian lakukan untuk menambah followers dengan mudah tanpa aplikasi. Pasalnya, orang lain yang mencari kata tertentu yang kalian masukkan dalam hashtag akan dengan mudah menemukan konten kalian.

Tapi, perlu diingat bahwa penggunaan hashtag di postingan kalian harus hati-hati. Hanya gunakan hashtag yang cocok dan relevan dengan konten kalian, dan jangan sampai keluar topik.

4. Konsisten Saat Posting

Walau sedang mencari banyak followers, jangan mengunggah konten secara sporadis. Akan lebih baik jika akun kalian tetap aktif dan mempertahankan followers yang sudah ada. Caranya adalah dengan konsisten mengunggah konten setiap hari, tapi jangan terlalu banyak dalam satu waktu agar tidak membuat followers kesal.
5. Tag Akun Lain

Tag akun Instagram lain serta lokasi di postingan kalian. Ini akan meningkatkan kemungkinan orang lain untuk melihat akun kalian. Jika kalian sedang mengikuti event, jangan lupa tag event tersebut agar orang lain di event yang sama bisa mengikuti akun kalian.

6. Bikin Caption yang Menarik

Tidak hanya konten yang menarik, caption di bawah konten kalian juga harus menarik bagi followers baru. Apalagi jika caption tersebut berisi detail tentang produk bisnis kalian.

Jika ingin berjualan, coba tulis caption yang lengkap tapi tidak terlalu panjang untuk menjelaskan produk kalian. Jika kalian ingin meningkatkan engagement, coba akhiri caption kalian dengan pertanyaan agar memancing followers untuk meninggalkan komentar. Menuliskan caption yang lucu juga bisa menjadi nilai plus.

7. Berinteraksi dengan Followers

Cara mudah menambah followers di Instagram adalah dengan membangun koneksi dan relasi. Jika seseorang mengomentari foto kalian, balas atau like komentar mereka.

Jika seseorang mengirimkan pesan kepada kalian, coba balas secepat mungkin karena bisa saja pengguna ini sedang berpikir untuk membeli produk kalian.

8. Promosikan Akun di Medsos Lain

Cara mudah untuk menambah followers dan menjangkau lebih banyak orang adalah dengan mempromosikan akun Instagram kalian di media sosial lain. Jika kalian memiliki akun Twitter, Facebook atau bahkan website dan blog yang sering dikunjungi orang, coba cantumkan profil akun Instagram kalian.

9. Optimalkan Instagram Stories

Kalian tidak hanya bisa menambah followers dengan mengoptimalkan feed utama Instagram, tapi juga dengan Instagram Stories. Apalagi saat ini sudah ada lebih dari 500 juta pengguna aktif Instagram Stories setiap bulannya.

Instagram Stories muncul di tab Explore, sehingga orang di luar followers kalian juga bisa melihatnya. Kalian bisa menggunakan hashtag, geolokasi dan tag akun lain untuk membuat Strories kalian lebih terlihat.

10. Gunakan Analitik

Sering-sering tengok insights atau analitik akun Instagram kalian. Instagram Insights bisa memberi kalian banyak informasi mulai dari lokasi, gender, usia dan yang paling penting kapan mereka paling aktif di Instagram.

Kalian juga bisa melihat konten seperti apa yang menarik komentar dan likes paling banyak. Sehingga kalian bisa lebih sering mengunggah konten yang bisa menarik perhatian followers baru.

Simak Video "Yuk Belajar Buat Design Tote Bag"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/eny)