Stop Bullying, Instagram Ancam Para Pem-bully yang Suka Komentar Jahat

Hestianingsih - wolipop Rabu, 02 Mei 2018 08:31 WIB
Instagram luncurkan fitur baru untuk stop bullying. Foto: Instagram Instagram luncurkan fitur baru untuk stop bullying. Foto: Instagram

Jakarta - Anonimitas membuat kasus bullying di media sosial banyak terjadi. Tidak sedikit orang yang sakit hati atau jadi minder karena diserang bullying yang sering kali mengomentari fisik, profesi hingga agama. Bahkan pada beberapa kasus, bullying lewat media sosial memicu orang untuk bunuh diri.

Tidak ingin tinggal diam dengan perilaku bullying yang hanya menimbulkan dampak negatif, Instagram mengambil langkah besar. Platform media sosial berbasis photo-sharing itu telah berkomitmen untuk menghapus bullying dan kekerasan secara verbal.

Selasa (1/5/2018), Instagram mengumumkan akan segera menyediakan fitur Bullying Comments Filter. Fitur ini secara otomatis akan menyaring komentar-komentar bernada kasar, melecehkan atau membuat seseorang marah. Dengan kata lain, para pem-bully tidak akan dapat tempat di kolom komentar.

Baca Juga: Melania Trump Buat Kampanye Anti-bullying di Sekolah

"Filter ini menutup komentar-komentar yang mengandung penyerangan terhadap penampilan atau karakter seseorang, juga yang menyerang kesehatan atau kesejahteraan seseorang," demikian ditulis Instagram, seperti dikutip dari Pop Sugar.

From our CEO @kevin: "Starting today, Instagram will filter bullying comments intended to harass or upset people in our community. To be clear: we don't tolerate bullying on Instagram. Our Community Guidelines have always prohibited bullying on our platform, and I'm proud to announce this next step in our ongoing commitment to keeping Instagram an inclusive, supportive place for all voices. We also believe in promoting kindness - encouraging our community to support one another both on and off Instagram. On Saturday we will host a Kindness Prom to celebrate people on our platform who are spreading positivity. These young leaders are inspiring their peers by helping kindness, acceptance and support grow on Instagram and in the world. Since Mike and I founded Instagram, it's been our goal to make it a safe place for self-expression and to foster kindness within the community. This update is just the next step in our mission to deliver on that promise." Check out the link in our bio to learn more about this update. Photo by @runnerkimhall

A post shared by Instagram (@instagram) on May 1, 2018 at 10:31am PDT




Instagram juga memastikan para pengguna media sosial itu tidak akan pernah melihat komentar-komentar jahat di postingannya. Jika tetap ditemukan adanya bullying di media sosial, Instagram meyakinkan para penggunanya kalau akun-akun bermasalah tersebut akan dilarang 'beredar', dengan ketentuan khusus misalnya sudah mendapat beberapa kali laporan dari banyak pengguna.

"Untuk jelasnya, kami tidak menoleransi bullying di Instagram. Community Guidelines kami selaly melarang bullying di platform kami, dan saya dengan bangga mengumumkan bahwa ini merupakan komitmen berkelanjutan kami untuk menjaga agar Instagram tetap jadi tempat yang terbuka dan suportif untuk berpendapat," tulis CEO Instagram Kevin Systrom.

Baca Juga: Anak Korban Bullying Berisiko Lukai Diri Sendiri

Bullying Comments Filter merupakan pengembangan dari Offensive Comments Filter yang telah diluncurkan tahun lalu. Pengguna Instagram bisa mengatur penyetelan komentar di aplikasi, dan memilih fitur 'Hide Offensive Comments' untuk diaktifkan.

Lewat fitur ini, pengguna juga bisa memilih untuk mem-block komentar dari orang-orang tertentu. Secara otomatis, fitur akan menyaring komentar yang negatif dan bertujuan memecah belah pertemanan.

Dengan diperkenalkannya fitur baru Bullying Comments Filter, Instagram akan lebih memperketat pengawasan terhadap komentar-komentar bullying dan bernada kebencian, yang tidak bisa ditolerir. (hst/hst)