Ikat Pinggang Pintar, Bisa Monitor Lingkar Pinggang dan Kesehatan Tubuh

Hestianingsih - wolipop Selasa, 13 Sep 2016 16:45 WIB
Foto: Dok. WELT
Jakarta - Ikat pinggang kini tidak hanya menjadi aksesori busana. Dengan kecanggihan teknologi, ikat pinggang juga bisa memonitor kesehatan Anda.

Adalah WELT, ikat pinggang canggih yang menggunakan sensor khusus untuk memeriksa lingkar pinggang, aktivitas bahkan kebiasaan makan pemakainya. Ikat pinggang keluaran Samsung ini diklaim bisa membuat orang lebih semangat menjalani gaya hidup sehat sekaligus melengkapi gaya busana sehari-hari.

WELT, singkatan dari 'wellness belt' diperkenalkan pertama kali dalam Consumer Electronic Show pada Januari lalu. Kini WELT sudah siap dipasarkan lewat kampanye di Kickstarter, perusahaan penyedia sarana khusus pengembangan produk-produk inovatif dan kreatif.

"WELT terlihat dan bekerja seperti ikat pinggang pada umumnya dalam lemari Anda. Dibuat untuk digunakan dalam keseharian, WELT fashionable juga fungsional," demikian yang tertulis dalam kampanye Kickstarter, seperti dikutip dari Daily Mail.

Produk ini juga diklaim dapat digunakan di kantor, saat berjalan atau di tengah kesibukan sehari-hari. Di dalamnya tertanam pedometer yang berfungsi melacak jumlah langkah kaki, juga berapa lama seseorang duduk setiap harinya.

Keistimewaan lainnya dari alat ini, penggunanya bisa melihat dengan jelas perubahan dari gaya hidup sehat yang telah dijalaninya. Salah satunya lewat ukuran lingkar pinggang yang berkurang. Perubahannya bisa terlihat dalam ukuran inci ataupun centimeter.

WELT bisa dihubungkan dengan aplikasi yang memperlihatkan ukuran lingkar pinggang. Setiap kali Anda bergerak atau berolahraga, angka pada ikat pinggang juga akan mengecil agar si pemakai semakin termotivasi mendapatkan berat badan ideal.

"Ukuran pinggang adalah poin paling penting untuk mengukur kesehatan secara keseluruhan. Sensor magnet pada WELT dimasukkan dalam gesper dan akan mengukur ukuran pinggang secara nyata. Lihat perkembangan Anda dari waktu ke waktu karena WELT bisa merasakan ukuran pinggang mengecil dari 28 inci ke 44," jelas tim pengembang WELT.

WELT bisa diisi ulang seperti smartphone dan gadget elektronik lainnya, dan daya batere bisa bertahan lebih dari 20 hari. Ada empat model ikat pinggang yang bisa dipilih; Classic, Classic Men, Classic Women dan Premium. WELT dipasarkan dengan harga mulai dari USD 69 atau sekitar Rp 900 ribuan. (hst/eny)