ADVERTISEMENT

Pesanan Produk UMKM Naik 4 Kali Lipat di Shopee 12.12 Birthday Sale

Inkana Izatifiqa R Putri - wolipop Selasa, 13 Des 2022 19:58 WIB
Promo Shopee Foto: dok. Shopee
Jakarta -

Menutup akhir tahun, Shopee membuka peluang bagi para UMKM untuk membangkitkan bisnisnya lewat kampanye Shopee 12.12 Birthday Sale. Berlangsung sejak 14 November hingga 12 Desember kemarin, kampanye ini menjadi wadah bagi bisnis lokal untuk mengembangkan strategi dalam menjangkau lebih banyak masyarakat.

Head of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna mengatakan pada kampanye Shopee 12.12 Birthday Sale para pelaku UMKM turut berperan mendorong ekonomi digital yang inklusif. Hal ini terlihat dari total pesanan produk UMKM yang meningkat lebih dari 4 kali lipat pada puncak kampanye dibandingkan dengan hari biasa.

"Di Shopee segala sesuatu yang kami hadirkan selalu didasari oleh semangat kami untuk senantiasa mempermudah masyarakat dalam memenuhi kebutuhan melalui berbagai inovasi dan inisiatif Shopee. Sejumlah promo, fitur, program, hingga kolaborasi yang tersedia pada kampanye 12.12 Birthday Sale kali ini tidak hanya menjadi nilai tambah untuk pengalaman belanja online, tetapi juga memberikan kesempatan bagi pelaku usaha menciptakan bisnis berkelanjutan dengan cara yang lebih kreatif," ujar Monica dalam keterangannya, Selasa (13/12/2022).

"Menutup tahun ini dengan catatan performa yang baik, khususnya partisipasi UMKM yang kian meningkat, diharapkan dapat menjadi dorongan bagi kami ke depannya untuk memberikan lebih banyak manfaat dan kebahagiaan bagi seluruh ekosistem Shopee," sambungnya.

Peran UMKM Optimalkan dalam 12.12 Birthday Sale

Kampanye 12.12 Birthday Sale menjadi momen bagi para UMKM dan mitra Shopee untuk menciptakan produk yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Sepanjang 12 Desember, banyak pengguna memanfaatkan penawaran ini untuk menikmati hasil karya lokal. Hal ini terlihat dari banyaknya pengguna yang melakukan pesanan sejak pukul 00:00 - 01:00 WIB.

Sebagai festival belanja akhir tahun sekaligus perayaan ulang tahun Shopee yang ke-7, 12.12 Birthday Sale memperlihatkan tren baru bagi produk-produk lokal. Pada kategori Kecantikan, produk lipstik, eyeliner, dan parfum menjadi yang paling banyak dicari pengguna di puncak 12.12.

Selain itu, permintaan akan kategori Pakaian Wanita masih terus meningkat hingga di puncak Shopee 12.12. Gaya kasual pun diprediksi akan menjadi tren untuk berbusana nyaman menjelang acara perayaan akhir tahun. Terlihat dari produk celana kulot dan kemeja linen yang berhasil menjadi produk UMKM pilihan para pengguna. Sedangkan pada kategori Makanan & Minuman, makanan instan kekinian menjadi barang yang banyak diburu sebagai pilihan hampers akhir tahun.

Belanja Produk Lokal di Akhir Tahun Jadi lebih Interaktif

Selama kampanye berlangsung, Shopee menghadirkan pengalaman berbelanja lebih interaktif melalui berbagai fitur. Pertama, kehadiran Shopee Live kerap dimanfaatkan para pelaku usaha untuk mempromosikan produknya sekaligus menjadi wadah komunikasi dengan pembeli saat ingin menunjukkan produk lebih detail. Pada sesi live stream, sepanjang kampanye 12.12 Birthday Sale, tercatat pengguna menghabiskan waktu hingga 15 juta jam untuk menonton Shopee Live.

Semenyatara itu, hadirnya Shopee Video memberikan kemudahan pengguna dalam menemukan rekomendasi maupun ulasan produk yang dibutuhkan. Apalagi lebih dari 450 ribu produk ditampilkan menggunakan hashtag #RacunShopee di Shopee Video.

Tidak hanya itu, pengguna juga memanfaatkan Shopee Games untuk menemani waktu luang mereka. Di 12.12 Birthday Sale kali ini, versi terbaru games Shopee Pets mendapat antusiasme tinggi, di mana pengguna berhasil mengumpulkan lebih dari 165 juta Koin Shopee selama 10 hari sejak Shopee Pets diluncurkan pada 2 Desember lalu.

Dukung Perkembangan Lini Bisnis Lokal

Kampanye 12.12 ShopeePay Birthday Sale juga turut mendorong perkembangan lini bisnis lokal yang berada di kota non-metropolitan melalui fitur ShopeePay Sekitarmu. Adapun fitur online-to-offline berbasis lokasi ini memungkinkan pengguna untuk menemukan berbagai voucher menarik dan hemat dari beragam merchant yang ada di sekitar mereka. Selama kampanye berlangsung, Sidoarjo, Gresik, dan Jombang menjadi daerah yang paling banyak memanfaatkan voucher ShopeePay Sekitarmu.

Hal yang sama juga terlihat pada layanan ShopeeFood, yang turut memberikan manfaat bagi pelaku usaha lokal lewat rangkaian penawaran ShopeeFood 12.12 Pesta Makan. Mie ayam, ayam geprek, dan nasi goreng menjadi beberapa jenis kuliner lokal yang paling banyak dipesan oleh pengguna ShopeeFood.

"Melalui Shopee 12.12 Birthday Sale kali ini, kami berupaya untuk memberikan manfaat dan dampak positif yang dapat menjangkau seluruh lini bisnis guna menjadi batu loncatan untuk terus berkembang dan menyambut tahun yang baru secara optimis. Kami berterima kasih atas kepercayaan pengguna dan penjual, serta berharap dapat terus melayani masyarakat Indonesia untuk membantu memenuhi kebutuhan mereka melalui ekosistem digital yang inklusif," tutup Monica.

Informasi lebih lanjut mengenai Shopee 12.12 Birthday Ekstra Sale dapat dilihat di sini.



Simak Video "Meghan Markle Akui Masih Cari Diskonan Saat Belanja Online"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)