ADVERTISEMENT

Tips Beli Parfum 'Blind Buy' di Situs Belanja Online Biar Nggak Salah Aroma

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 07 Sep 2022 08:44 WIB
Woman perfume portrait in white dress female model aroma smell. Studio shot. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Bagi banyak orang, parfum adalah salah satu barang yang harus dibeli langsung ke toko. Biasanya pembeli ingin terlebih dahulu mencium dan memilih berbagai aroma apalagi jika belum pernah mencoba sebelumnya. Tapi wewangian yang banyak dijual situs belanja kadang sayang untuk dilewatkan karena berbagai promonya. Lalu bagaimana cara beli parfum 'blind buy' agar aromanya sesuai ekspektasi dan keinginan?

Brand parfum lokal semakin menjamur dan cukup difavoritkan para pecinta wewangian. Kebanyakan pun menjual barangnya secara online dan tak sedikit pelanggan yang berani membeli 'blind buy' berdasarkan ulasan orang lain atau deskripsi produk. Agar tidak salah beli, CEO Carl & Claire Nouva Puspita pun memberikan tips beli parfum meski belum pernah mencium wanginya.

Dalam acara Webinar Seller Story Shopee 9.9 Super Shopping Day, Nouva Puspita membagi soal perjalanan brand-nya dan berbagai tips dalam memilih wewangian. Dikatakan saat melakukan 'blind buy', kamu bisa memberi perhatian ekstra saat membaca deskripsinya. Daripada berpatokan dengan 'notes', lebih baik mengandalkan impresi yang dihadirkan.

"Tips membeli parfum blind buy bisa dengan membaca top notes, middle notes, atau bottom notes-nya. Tapi dari situ bisa jadi nggak akurat bahkan di luar imajinasi kita. Kalau aku sendiri sebagai pembeli biasa rely pada impresi yang dideskripsikan misalnya sweet atau floral karena biasanya itu yang kecium duluan. Misalnya ditulis impresi untuk karakter yang elegan, misterius, karismatik, itu juga bisa jadi patokan," katanya dalam webinar yang berlangsung pada Selasa, (6/9/2022).

"Jadi jangan terlalu mengandalkan top, middle, atau bottom notes tapi nggak menutup kemungkinan juga kalau itu akan membantu," tambah Nouva.

Kamu juga bisa memilih brand yang menawarkan pengembalian jika aromanya tidak sesuai harapan, seperti yang dilakukan Clair & Claire. Atau dengan membeli beberapa versi sampel agar bisa dengan lebih tepat memilih yang benar-benar disukai.

Nouva juga menjelaskan bagaimana wangi parfum bisa menggambarkan diri kita tanpa banyak bicara. Karena itu, pilih yang sesuai kepribadian, kebutuhan atau tujuan. Kamu yang ingin dilihat sebagai sosok lemah lembut misalnya bisa memilih aroma powdery yang feminin. Untuk kamu yang ingin diingat sebagai pribadi eksentrik dapat menggunakan parfum dengan sentuhan aroma unik, seperti kopi.

(ami/ami)