ADVERTISEMENT

5 Cara Berjualan di Lazada yang Bikin Orang Klik Produk Kamu

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 02 Sep 2022 17:00 WIB
Beautiful smiling young Asian woman grocery shopping online with mobile app device on smartphone and making online payment with her credit card, with a box of colourful and fresh organic groceries on the kitchen counter at home Foto: Getty Images/AsiaVision
Jakarta -

Berjualan di e-commerce bisa dibilang susah-susah gampang. Situs belanja bisa memudahkan kamu menjual barang dan menjangkau audiens yang lebih luas. Tapi di saat yang bersamaan, kamu juga harus bersaing dengan banyak penjual yang berusaha menawarkan barang serupa. Seperti apa cara berjualan di Lazada agar orang lebih tertarik dan klik produk kamu?

Sebuah studi yang dilakukan Lazada Singapura mengungkap faktor-faktor utama para pembeli membuat keputusan mereka. Ketika diwawancara Wolipop di Lazada One Building, Bras Basah Road, Singapura pada Rabu, (31/7/2022) dalam rangkaian acara LazMall BFF 2022, Chandana Sunder selaku Senior Vice President Lazada mengatakan jika pembelian diawali dengan mengklik produk sebelum menaruhnya di keranjang lalu check out. Berikut lima langkahnya yang bisa menjadi pertimbangan cara berjualan kamu di e-commerce:

1. Produk Muncul di Atas
Pembeli tentu tidak ingin bersusah payah mencari produk. Salah satu alasan orang berbelanja online adalah agar praktis dan cepat. Karena itu, usahakan untuk membuat produk kamu berada di halaman pertama dan jajaran teratas. Dengan begitu, barang tersebut akan lebih mungkin dibeli. Berdasarkan studi 49% pembeli mengklik produk pertama yang muncul dari hasil pencarian.

2. Foto Produk
Foto produk yang menjanjikan ternyata menjadi pertimbangan besar para pembeli sebelum memutuskan membeli barang di situs belanja. Karena itu, memastikan gambarnya bagus menjadi salah satu cara berjualan di Lazada yang akan mendatangkan pelanggan. Usahakan barang dagangan kamu terlihat terang, jelas, dan menjelaskan secara lebih detail.

Chandana Sunder, Senior Vice President LazadaChandana Sunder, Senior Vice President Lazada Foto: Rahmi Anjani/Wolipop

3. Deskripsi Produk
Tak cukup hanya dengan foto dan produk yang terpampang di bagian atas halaman. Barang kamu juga perlu dilengkapi dengan deskripsi yang menarik. Tak harus sangat lengkap tapi pastikan jika produk tersebut punya penjelasan yang sesuai dan mengundang orang untuk klik beli.

4. Harga Produk dan Ongkos Kirim
Tentu saja semuanya juga disesuaikan dengan budget masing-masing. Biasanya pembeli akan memilih barang dengan harga yang masuk akal, tidak terlalu murah atau tidak terlalu mahal. Setelah itu, mereka akan mempertimbangkan ongkos kirimnya. Lebih baik lagi jika pembeli mendapatkan gratis ongkir atau potongan harga. 49% orang akan mengklik produk dengan pilihan gratis ongkos kirim.

5.Kata Kunci Unik
Chandana mengungkap salah satu cara menarik pembeli adalah dengan menyertakan kata kunci unik dan spesifik. Misalnya saja kebaya wisuda, kado ulang tahun, hampers Lebaran atau kado suami. Hal itu dikarenakan 57% pembeli di Asia Tenggara sekarang lebih banyak mencari rekomendasi barang langsung di aplikasi atau situs belanja daripada media sosial atau mesin pencari. Menurut studi, 94% pengguna yang memakai fitur pencarian pun akan membeli produk yang ditemukan di sana.

(ami/ami)