Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Wajib Ada, Catat!

Arina Yulistara - wolipop Kamis, 23 Jun 2022 13:30 WIB
Breastfeeding baby near crip. Pretty mother holding her newborn child. Mom nursing baby. Beautiful woman and new born relax at home in nursery interior. Blond mother breast feeding baby. Foto: iStockphoto

Jakarta -

Saat memasuki trimester tiga kehamilan, kamu seharusnya sudah menyiapkan perlengkapan bayi baru lahir. Mempersiapkan perlengkapan bayi baru lahir tentu akan memudahkan saat mengurus si kecil yang masih butuh banyak bantuan.

Berbagai perlengkapan bayi baru lahir bisa kamu siapkan jauh-jauh hari sebelum melahirkan agar tidak kebingungan nantinya. Bagi seorang ibu baru mungkin bingung, apa saja ya perlengkapan bayi baru lahir?

Wajar hal tersebut terjadi karena memang menjadi seorang ibu tidak ada buku manualnya. Jika biaya terbatas maka kamu bisa menyiapkan perlengkapan bayi baru lahir yang wajib terlebih dahulu.

Mari simak daftar perlengkapan bayi baru lahir yang wajib ada, seperti dilansir dari Verywell Family. Dicatat ya dan diceklis jika kamu sudah membeli perlengkapan bayi baru lahir di bawah ini.

1. Seperangkat pakaian bayi

pregnant woman expectant mother prepares clothing items for the newborn babyPakaian untuk perlengkapan bayi baru lahir. Foto: Getty Images/iStockphoto/evgenyatamanenko

Perlengkapan bayi baru lahir yang utama adalah seperangkat pakaian bayi. Tidak perlu mewah untuk minggu-minggu pertama kelahiran bayi.

Kamu bisa membeli pakaian bayi yang sederhana dan ramah anggaran. Sebaiknya jangan terlalu banyak membeli pakaian bayi baru lahir karena tidak akan dipakai lama.

Seperangkat pakaian yang dibutuhkan;

5-8 pakaian dalam, tergantung seberapa sering mencucinya
3-4 kain tidur bayi untuk alas tidur
5-7 pasang kaus kaki bayi
1-2 topi bayi baru lahir, tergantung iklim

Pertimbangkan seberapa sering kamu mencuci pakaian dan perkiraan cuaca saat bayi lahir. Ini akan mempengaruhi pilihan perlengkapan bayi baru lahir yang diperlukan.

2. Popok

Popok menjadi kebutuhan utama yang wajib punya saat membeli perlengkapan bayi baru lahir. Kamu bisa membeli popok kain atau sekali pakai. Kedua jenis popok tersebut memiliki plus dan minusnya.

Dalam membeli popok sebagai perlengkapan bayi baru lahir, kamu perlu mempertimbangkan anggaran. Mungkin bisa menyediakan kedua jenis tersebut jika bingung dan pilih mana yang paling nyaman.

Segala hal terkait popok yang dibutuhkan;

- Popok sesuai kebutuhan

- 1-2 bungkus tisu sekali pakai

- 1 botol krim ruam popok

- Deterjen popok kain, jika perlu mencuci popok

- Perlak

- Ember untuk popok

Ingat, perlengkapan bayi baru lahir satu ini wajib karena bayi pada minggu pertama bisa menggunakan 8 hingga 10 popok sehari. Jadi pastikan kamu memiliki banyak popok. Ingat juga bahwa bayi baru lahir akan melesat berat badannya dalam hitungan minggu, jadi jangan menyimpan popok bayi baru lahir terlalu banyak.

3. Perlengkapan mandi

cute baby girl inside bathtub enjoying bath, unrecognizable mother hands washing her.Perlengkapan mandi untuk bayi baru lahir. Foto: istock

Perlengkapan bayi baru lahir selanjutnya tentu alat mandi. Apa saja alat mandi bayi baru lahir yang dibutuhkan?

- 3-5 lap bayi
- 1-2 handuk berkerudung; handuk biasa juga akan berfungsi
- 1 spons bayi
- 1 botol sabun mandi bayi
- 1 botol lotion dan penghangat tubuh bayi
- Bak mandi bayi

Banyak dari kita memandikan bayi di bak mandi khusus tapi kamu juga bisa menggunakan wastafel dapur asalkan baru saja dibersihkan jika tak ada budget untuk membelinya.

(eny/eny)