Catat! Ini 7 Keperluan Bayi Baru Lahir Utama yang Wajib Dibeli

Puti Yasmin - wolipop Sabtu, 11 Apr 2020 11:16 WIB
Bayi perempuan Keperluan Bayi Baru Lahir. Foto: Getty Images/iStockphoto/druvo
Jakarta -

Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, termasuk bayi. Agar si kecil tetap nyaman, orang tua harus menyiapkan keperluan bayi baru lahir dengan lengkap.

Bayi diketahui memiliki kulit sensitif sehingga orang tua harus membeli perlengkapan yang bagus. Apalagi, bayi dapat tumbuh dengan sehingga harus mempertimbangkan setiap keperluan dengan cermat.

Keperluan Bayi Anti Mubazir:

1. Perlengkapan Menyusui

Satu-satunya makanan yang dapat dikonsumsi bayi adalah Air Susu Ibu (ASI). Nah, untuk itu orang tua harus menyiapkan perlengkapan menyusui agar si bayi bisa nyaman.

Misalnya membeli pompa ASI, kantung ASI, botol, dan alat pembersih peralatan menyusui agar higienis.

Keperluan Bayi Baru LahirKeperluan Bayi Baru Lahir Foto: iStock

2. Pakaian Bayi

Kulit bayi yang baru lahir sangat lah sensitif. Maka dari itu, diperlukan pakaian bayi berupa kaos, celana, topi, sarung tangan bayi, kaos kaki, hingga baju hangat.

3. Bak Mandi

Bak mandi menjadi salah satu perlengkapan bayi yang sangat penting. Pastikan, bak memiliki model yang nyaman untuk memudahkan ibu saat memandikan si Kecil.

4. Popok

Bayi memiliki keperluan untuk buang air besar dan kecil yang sering dibandingkan orang dewasa. Maka dari itu, keperluan bayi baru lahir yang utama adalah popok kain.

Selain itu, orang tua juga bisa membeli popok sekali pakai agar lebih praktis membersihkan kotoran bayi. Akan tetapi sebaiknya pilih popok sekali pakai yang dilengkapi dengan perekat agar lebih mudah dilepas saat dibersihkan.

Keperluan Bayi Baru LahirKeperluan Bayi Baru Lahir Foto: BBC Magazine

5. Perlengkapan Tidur

Bayi memiliki durasi tidur yang lama, yakni 16,5 jam dalam sehari. Maka dari itu, kita sebagai orang tua harus benar-benar memastikan perlengkapan tidur bayi nyaman.

Misalnya membeli bantal, kelambu, atau perlak sehingga bayi bisa mendapatkan tidur yang berkualitas.

6. Gendongan Bayi

Salah satu cara menciptakan bonding antara ibu dan anak, yakni dengan menggendong bayi. Agar lebih mudah, ibu bisa menggunakan gendongan dari kain maupun yang instan.

7. Perlengkapan Mandi

Keperluan bayi baru lahir terakhir adalah perlengkapan mandi. Bayi tidak serta merta masuk ke dalam bak mandi tetapi perlu menyeka terlebih dahulu menggunakan waslap dan menggunakan sabun dan sampo khusus.

Keperluan Bayi Baru LahirKeperluan Bayi Baru Lahir Foto: ilustrasi/thinkstock


Simak Video "Antusiasme 12 Asdos Bareng Maudy Ayunda di d'Youthizen"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/lus)