17 Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Perlu Dibeli, Anti Mubazir

Anggi Mayasari - wolipop Sabtu, 21 Agu 2021 13:07 WIB
Baby Sleep in Autumn Leaves, New Born Kid Asleep on Decorated Background, Newborn One Month Old Perlengkapan bayi baru lahir yang perlu dibeli. Foto: iStock
Jakarta -

Menyiapkan perlengkapan bayi baru lahir yang perlu dibeli mungkin sedikit membingungkan bagi calon ibu baru. Tak perlu khawatir, berikut 17 daftar penting perlengkapan bayi baru lahir yang perlu dibeli.

Selain menyiapkan mental dan fisik, berbagai perlengkapan bayi harus sudah dibeli. Daftar perlengkapan bayi baru lahir seperti popok hingga keperluan untuk menyusui jadi hal yang penting.

Apa saja daftar perlengkapan bayi baru lahir yang perlu dibeli?

Kebutuhan Bayi Baru Lahir

1. Perlak Bayi

Perlak atau alas tidur juga merupakan perlengkapan bayi baru lahir yang harus dibeli. Sebaiknya pilih perlak yang tahan air.

2. Popok

Popok merupakan daftar penting keperluan bayi yang harus dibeli. Baik kain atau sekali pakai, calon ibu sebaiknya sudah merencanakan 70 hingga 90 penggantian popok untuk seminggu pertama, dan kemudian sekitar 50 penggantian seminggu setelah enam minggu.

View similar photosPerlengkapan bayi baru lahir yang perlu dibeli. Foto: iStock

3. Tisu Basah

Bayi akan memerlukan tisu basah yang digunakan untuk membersihkan saat mengganti popok. Sebaiknya pilih tisu basah yang bebas alkohol untuk meminimalisir alergi pada kulit bayi yang sensitif. Salep atau krim ruam popok juga bisa menjadi salah satu perlengkapan bayi yang perlu dibeli sebagai antisipasi terjadinya ruam popok.

4. Pakaian

Sebaiknya siapkan setidaknya enam kaus dalam, empat hingga enam baju bayi, tiga hingga empat bedong, baju hangat dan topi, dan tiga sampai empat pasang kaus kaki. Sebagian orangtua juga suka membeli beberapa baju tidur (stretch suit) yang beritsleting di bagian depan.

5. Perlengkapan Bayi Baru Lahir untuk Mandi

Untuk waktu mandi, ibu memerlukan semacam bak mandi bayi. Kamu juga memerlukan beberapa handuk mandi dan waslap, sabun bayi atau sampo tanpa pedih di mata, sikat dan sisir, serta gunting kuku.

6. Keperluan Bayi Baru Lahir untuk Makan

Untuk memberi makan, kamu membutuhkan beberapa kain kecil untuk gumoh atau muntah. Bahkan jika kamu sedang menyusui, kamu akan membutuhkan botol dan dot untuk digunakan bersama ASI yang dipompa. Jika kamu tidak menyusui, kamu memerlukan susu formula dan gelas ukur yang akurat.

7. Gendongan Bayi

Gendongan merupakan salah satu keperluan bayi baru lahir yang perlu dibeli. Gendongan memudahkan ibu untuk membawa bayinya saat bepergian. Selain gendongan, kereta dorong juga bisa jadi alternatif pilihan untuk membawa buah hati keluar rumah.

Breast milk pump and baby lying on the white bedPerlengkapan bayi baru lahir yang perlu dibeli. Foto: Getty Images/iStockphoto/comzeal

8. Pompa ASI

Bagi ibu yang bekerja tentu pompa ASI jadi salah satu daftar penting keperluan bayi baru lahir yang harus dibeli. Tak hanya itu, pompa ASI juga bisa digunakan bagi para ibu yang tak bisa menyusui buah hatinya secara langsung.

9. Obat-obatan

Konsultasikan dengan dokter anak tentang rekomendasi obat-obatan yang perlu disiapkan. Biasanya, termometer jadi keperluan bayi baru lahir yang perlu dibeli. Dokter anak Anda dapat memberi tahu jenis obat atau salep apa yang mungkin diperlukan di lemari obat bayi Anda.

Perlengkapan Lain Bayi Baru Lahir yang Perlu Dibeli

Hal-hal berikut ini tidak penting, tetapi banyak orangtua membeli perlengkapan bayi baru lahir ini karena dianggap nyaman.

10.Tempat Tidur Bayi

Tempat tidur merupakan salah satu perlengkapan bayi baru lahir yang bagi sebagian orangtua dirasa perlu memiliki. Berhati-hatilah memilih boks bayi atau pastikan barang tersebut memenuhi rekomendasi keselamatan. Dan selain tempat tidur kamu juga perlu membeli seprei serta kasurnya.

11. Carseat

Tempat duduk bayi di mobil bagi sebagian orangtua jadi salah satu keperluan bayi baru lahir yang perlu dibeli. Selain membuat bayi nyaman saat bepergian, carseat juga memberi perlindungan keselamatan.

Adorable baby girl sitting in bouncer and playing with colorful toysPerlengkapan bayi baru lahir yang perlu dibeli. Foto: iStock

12. Tas Popok

Tas popok dengan banyak ruang untuk makanan ringan, mainan, alas ganti popok, dan kantong plastik untuk popok kotor.

13. Bouncer atau Ayunan Bayi

Meskipun bukan termasuk kebutuhan penting, kursi goyang atau ayunan bayi jadi pilihan sebagaian orangtua. Ini bisa membuat bayi nyaman dan tenang ketika bosan berbaring di kasurnya.

13. Meja atau Rak

Agar tidak berantakan dan bercampur dengan barang-barang orang dewasa, meja atau rak khusus bisa jadi salah satu opsi keperluan bayi baru lahir yang perlu dibeli. Meja atau rak ini bisa digunakan untuk penyimpanan popok, tisu, salep, dll.

14. Pelindung Nyamuk

Pelindung nyamuk seperti kelambu merupakan keperluan bayi baru lahir yang perlu dibeli. Ini berfungsi untuk melindungi bayi agar terhindar dari gigitan nyamuk. Selain kelambu, stiker anti nyamuk dengan bahan alami dan aman juga bisa menjadi pilihan ibu untuk menjaga si kecil.

15. Deterjen Khusus Bayi

Membersihkan pakaian atau botol bayi yang kotor dibutuhkan deterjen yang diformulasikan khusus. Deterjen khusus bayi ini mencegah kemungkinan terjadinya alergi pada kulit bayi yang masih sensitif.

16. Mainan

Mainan memang bukan hal penting, tapi perlu dipertimbangkan sebagai keperluan bayi baru lahir yang perlu dibeli. Beberapa mainan untuk edukasi bayi bisa melatih kemampuan sensory dan membantu tumbuh kembangnya.

17. Lampu Malam

Jika terbiasa tidur dalam gelap, lampu malam bisa menjadi pilihan keperluan bayi baru lahir yang perlu dibeli. Lampu malam membantu kamu melihat saat memberi ASI larut malam atau mengganti popok.

Itulah 17 daftar perlengkapan bayi baru lahir yang perlu dibeli. Para calon ibu diharapkan tak bingung lagi untuk menyortir daftar perlengkapan bayi baru lahir yang perlu dimiliki.



Simak Video "Deretan Kontroversi yang Iringi Kesuksesan Squid Game"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)