ADVERTISEMENT

5 Ide Hamper Antimainstream, Sambut Lebaran Lebih Berkesan & Istimewa

Inkana Izatifiqa R Putri - wolipop Kamis, 21 Apr 2022 17:50 WIB
Hampers Lebaran Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Momen Ramadan dan Lebaran jadi saat yang istimewa buat berbagi kasih dan berkah kepada orang terdekat. Selain bagi-bagi THR, saling berkirim hamper juga menjadi aktivitas yang banyak dilakukan orang.

Bicara soal hamper, biasanya hamper kue kering menjadi salah satu yang paling mudah ditemui di pasaran. Namun, memberi hamper yang beda daripada yang lain, kamu bisa lho coba membeli hamper dari produk-produk ekonomi kreatif di Tanah Air. Selain bisa berbagi ke orang yang tersayang, dengan berbagi hamper ini, kamu juga turut mendukung #BeliKreatifLokal.

Adapun hal ini juga sejalan dengan upaya Kemenparekraf. Menparekraf, Sandiaga Uno mengungkapkan dengan menjadikan produk kreatif sebagai bingkisan Lebaran maka akan dapat membangkitkan semangat para pelaku ekonomi kreatif yang terdampak pandemi COVID-19. Hal ini berpotensi meningkatkan omzet para pelaku ekonomi kreatif.

"Mereka sekarang bisa mendapatkan order dan meningkatkan omzet tanpa perlu melakukan PHK pegawainya. Jadi ini menolong perekonomian lokal," ujarnya dikutip dari situs resmi Kemenparekraf.

Penasaran produk lokal apa saja yang bisa dijadikan hamper Ramadan dan Lebaran? Berikut 5 ide hamper anti-mainstream #DiIndonesiaAja.

1. Hamper Baju & Kain Tradisional

Hamper BajuFoto: Instagram/kaind_id

Jika orang tersayang kamu suka mix & match baju, cobalah untuk berikan hamper berupa baju atau kain tradisional. Saat ini, ada berbagai produk lokal yang menghadirkan koleksi baju dan kain dengan berbagai model. Salah satunya seperti KaIND dengan koleksi kain tenun tangan dan batik tulis lokal yang cantik nan elegan. Secara eksklusif, KaIND membuat banyak varian produk alami yang diproduksi secara tradisional mulai dari dress, baju dan sarung, syal, hingga outer yang kece.

Selain itu, kamu juga bisa berikan hamper berisi produk fesyen dari SHIROSHIMA yang menawarkan berbagai pilihan busana pria dan wanita, yang memadukan batik tradisional atau kain tenunan tangan dengan sentuhan modernitas. Tak hanya beda dari yang lain, hamper ini tentu juga bermanfaat karena bisa digunakan saat Lebaran atau sehari-hari.

2. Hamper Eco-Friendly

Hamper EcoFoto: Instagram/orgamix.id

Gaya hidup go green telah banyak dikampanyekan orang. Kamu pun bisa jadi salah satu orang yang mendukung gerakan ini lewat berbagai hamper Lebaran. Pasalnya, saat ini telah banyak produk lokal yang menawarkan barang-barang eco-friendly, seperti sabun organik dari Orgamix.

Sesuai namanya, sabun-sabun ini terbuat dari bahan-bahan alami yang tentunya aman untuk tubuh, sekaligus lingkungan. Orgamix menawarkan berbagai macam sabun dengan bentuk dan varian unik. Ada yang terbuat dari kopi, sereh, minyak kelapa, hingga daun teh.

Jika kamu ingin kasih hamper yang unik, tapi tetap kekinian, koleksi produk Nowy Crafts juga bisa jadi pilihan. Pasalnya, isi hamper yang dikemas berupa produk ramah lingkungan dan mudah didaur ulang. Misalnya peralatan makan seperti sendok dan garpu yang terbuat dari kayu, hingga sedotan dari bambu yang bisa digunakan berulang kali. Selain unik, hamper ini juga berguna untuk kehidupan sehari-hari, lho!

3. Hamper Makanan Lokal Daerah

Hamper MakananFoto: Instagram/omahrendang

Hamper Lebaran tak selalu harus berisi kue atau sembako, tapi juga bisa berupa makanan tradisional khas Indonesia. Kamu bisa berikan makanan terfavorit masyarakat Indonesia, seperti halnya rendang. Apalagi saat ini rendang telah tersedia dalam kemasan praktis dan siap saji. Salah satunya seperti rendang basah dan kering dari Omah Rendang. Terbuat dari bahan berkualitas, Omah Rendang juga cocok sebagai hamper bahkan hidangan Ramadan dan Lebaran bersama keluarga.

Mau menu hamper selain rendang? Jangan khawatir, karena kamu juga bisa jadikan gudeg khas Yogya 'Gudeg Simbok' dari Tharra Catering sebagai hamper Lebaran. Hamper ini tentunya akan mengobati kerindungan orang tersayang akan atmosfer Yogyakarta. Biar lebih cantik, jangan lupa sertakan kartu ucapan Lebaran di hampermu ya!

4. Hamper Scarf

ScarfFoto: Instagram/kamiidea

Hamper yang tak kalah cantik untuk diberikan saat Ramadan dan Lebaran adalah scarf atau selendang. Hamper ini tentunya akan sangat bermanfaat untuk dikenakan saat Ramadan atau Hari Raya Idulfitri. Buat kamu yang berniat kasih hamper scarf ke sahabat atau kerabat, kamu bisa pilih hamper cantik dari Kami. Apalagi baru-baru ini, Kami berkolaborasi dengan INGLOT Cosmetics menghadirkan hamper Lebaran berisi scarf sekaligus nail polish.

Di kolaborasi ini, Kami meluncurkan scarf berwarna hijau yang menyimbolkan pertumbuhan , harmoni/keseimbangan, dan pembaharuan/kebangkitan. Adapun warna ini menandakan pembaharuan diri untuk menjadi lebih baik, tumbuh, dan bergembira bersama dengan teman orang yang dicintai.

5. Hamper Set Makan Keramik

Hamper Set MakanFoto: Instagram/naruna.official


Dekorasi rumah dari keramik tentunya tak boleh dilewatkan. Apalagi jika orang tersayang kamu menyukai barang-barang yang estetik. Kamu bisa berikan koleksi hamper dari Naruna Ceramic yang menawarkan beragam produk keramik mulai dari cangkir, piring, mangkuk, hingga teko. Menariknya lagi, Naruna Ceramic juga memiliki banyak warna pilihan, termasuk warna earth tone yang kini lagi hits.

Namun, buat kamu yang lebih suka warna-warna kalem dengan desain elegan, mungkin koleksi dari Nabila Ardhani Studio bisa jadi pilihan. Nabila Ardhani Studio menawarkan beragam peralatan keramik buatan tangan mulai dari mug, cangkir, piring, hingga vas bunga. Setiap karyanya dibuat dengan keunikannya masing-masing sehingga lebih bermakna jika diberikan untuk orang terkasih.

Kelima paket hamper di atas bisa kamu kustomisasi sesuai preferensi dan kebutuhan. Kamu juga bisa membeli produk-produk ekonomi kreatif yang ada di daerah tempat tinggal dan membagikannya kepada kerabat di daerah lain untuk mengenalkan pesona #WonderfulIndonesia lewat hamper Lebaran ini.

Yang tak kalah penting, apapun dan di mapan aktivitasmu dalam menyambut Hari Raya Idulfitri, jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan ketat berupa 6M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas, serta menghindari makan bersama). Pastikan juga untuk segera melengkapi vaksinasi di fasilitas kesehatan atau sentra vaksinasi terdekat, ya!

Spesial untuk para Sobat Pesona, di periode 15 Maret-15 Mei 2022 ini kamu bisa ikuti program AKAMSI #AmbassadorKampungSini dari Kemenparekraf untuk dapatkan beragam hadiah menarik. Caranya, cukup tunjukkan pesona wisata tersembunyi di daerahmu melalui media sosial dan menangkan hadiah senilai total jutaan rupiah berupa uang tunai, iPhone 13 Pro Max, hingga paket e-wallet! Informasi lebih lanjut mengenai syarat dan ketentuan dari program ini bisa dicek di sini.

Untuk informasi dan inspirasi lainnya terkait destinasi wisata di Indonesia, yuk follow akun Instagram @pesona.indonesia dan TikTok @pesonaindonesia. Anda juga bisa ikuti Pesona Punya Kuis (PUKIS) di laman Instagram tersebut untuk raih hadiah jutaan rupiah dari Kemenparekraf.

(ncm/ega)