7 Panduan Buat Kamu yang Ingin Belanja Baju Setelah Mal di Jakarta Buka

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 16 Jun 2020 13:31 WIB
Young cheerful woman choosing blue baby clothes in kids apparel boutique Foto: Dok. iStock
Jakarta -

Banyak orang sudah tidak sabar untuk pergi ke mall. Selain ingin jalan-jalan, mungkin kamu butuh membeli busana untuk keperluan kerja atau keseharian. Mengingat virus Corona masih jadi kekhawatiran, pergi ke mal atau belanja baju tentu perlu dilakukan dengan kehati-hatian. Selain pakai masker dan menjaga jarak, berikut panduan yang perlu kamu ketahui sebelum belanja baju di mal atau butik.

1. Lakukan Persiapan
Belanja busana sebelumnya memang bukan sesuatu yang perlu dilakukan dengan persiapan. Tak jarang membeli baju terjadi secara mendadak bahkan impulsif ketika menemukan pilihan yang menarik. Tapi setelah Corona merebak, segala sesuatunya memang perlu dilakukan secara hati-hati. Stylist Susie Hasler pun menyarankan kamu menyiapkan daftar untuk barang-barang yang ingin dibeli.

Mungkin terdengar berlebih namun cara ini bisa menghindarkan kamu berada di mal terlalu lama sehingga risiko tertular COVID-19 menurun. Agar tidak buang-buang uang, lihat juga koleksi baju di lemari untuk memastikan kamu tidak membeli yang sebenarnya sudah dimiliki.

2. Browsing Dulu di Situs Online

Kepada Dailymail, Susie menyarankan sebelum pergi kamu browsing dulu koleksi dari brand yang diincar. Kemudian pilih yang sesuai dengan selera dan kebutuhan sebagai referensi belanja. Coba pikirkan pula style seperti apa yang diinginkan agar tidak bingung dan terlalu lama berpikir di dalam toko.

3. Pakai Sesuatu yang Nyaman
Saat hangout ke mal banyak orang memilih pakaian stylish untuk tampil maksimal. Namun Susie menyarankan kamu mengenakan pakaian yang nyaman saja ketika berbelanja selama pandemi Corona. Mengingat berlama-lama di toko atau mal tidak disarankan, kamu lebih memerlukan busana kasual dan nyaman karena hanya perlu membeli yang dibutuhkan apalagi antrean membayar bisa jadi lebih panjang karena 'social distancing'.

4. Ketahui Bentuk Tubuh
Dianjurkan pula jika kamu sudah mengetahui gaya busana yang cocok dengan bentuk tubuh. Selama COVID-19 masih menghantui, kamar ganti tidak disarankan untuk digunakan. Karenanya, ketahui ukuran dan bentuk tubuh untuk bisa memilih busana yang tepat. Misalnya jika kamu memiliki bentuk badan apel yang besar di atas, hindari memilih atasan ramai motif atau potongan untuk menampilkan siluet tubuh yang lebih seimbang.

5. Kenali Warna Kulit
Cara ini adalah sesuatu yang jarang dilakukan orang ketika belanja busana. Yakni menganalisa dan mengetahui warna apa yang sesuai dengan kulit. Salah satu cara mengetahuinya adalah mencoba baju di tempat dengan pencahayaan bagus dan lihat apakah warna tersebut membuat warna mata, kulit, dan rambut lebih intens. Jika ragu-ragu, Susie mengatakan kamu bisa memilih warna biru navy atau merah burgundy karena hampir cocok dengan semua warna kulit.

6. Pastikan Tahu Ukuran Busana
Agar tidak perlu mencoba busana, lihat panduan ukuran busana atau sepatu brand incaran dan ketahui mana yang sesuai dengan kamu. Setiap brand biasanya memiliki sizing yang berbeda sehingga jangan sampai salah ukuran meski banyak brand menerima penukaran. Jika perlu, ukur dulu dada, pinggang, lengan, dan paha kamu sebagai acuan sebelum belanja.

7. Setop Beli Kompulsif
Susie Harper pun menyarankan bahwa ini lah saatnya untuk kamu berhenti belanja kompulsif. Ia mengaku sering mendapati wanita yang memiliki tumpukan busana tapi merasa tidak punya sesuatu untuk dipakai. Hal itu karena mereka sering asal pilih ketika menemukan baju yang dianggap bagus tapi tidak punya padanan sesuai di lemarinya. Untuk lebih hemat selama masa tidak menentu ini ada baiknya membeli yang diperlukan dan benar-benar bisa dipakai saja.



Simak Video "Tren Belanja Online Jadi Pemasok Sampah Plastik Terbanyak"
[Gambas:Video 20detik]
(sra/sra)