2020 Harus Lebih Hemat, Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Belanja di Supermarket

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 09 Jan 2020 13:21 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Pasti banyak dari Anda yang punya resolusi untuk menambah saldo tabungan. Hal pertama yang perlu dilakukan tentu adalah mencoba lebih hemat. Selain dengan mengurangi beli barang kurang penting, coba perhatikan lagi cara Anda belanja di supermarket. Sejumlah hal sepele yang tak disadari bisa jadi kesalahan yang justru bikin boros. Agar lebih hemat di 2020, berikut lima kesalahan belanja di supermarket yang bisa dihindari.

1. Jangan Beli Sesuatu yang Bisa Dibuat Sendiri
Ketika berada di supermarket kadang semua barang terlihat penting dan harus dibeli. Namun saat sudah sampai rumah, baru lah mungkin Anda merasa menyesal karena total pembelian membengkak tak berarti. Salah satu cara untuk bisa lebih hemat adalah dengan memastikan agar tidak beli sesuatu yang bisa dibuat atau dilakukan sendiri, misalnya buah, sayuran, atau daging potong, bumbu jadi, dan lain-lain. Jika memang ada waktu dan bisa membuat sendiri mengapa harus membeli.

2. Pakai Promo Tak Selalu Bikin Hemat
Banyak dari Anda yang ingin memanfaatkan promo agar pembelanjaan lebih hemat. Tapi sering kali promo-promo tersebut malah menjerumuskan Anda untuk membeli lebih banyak. Karena itu, coba pelajari dan hitung terlebih dahulu seberapa banyak untung yang benar-benar bisa didapat.

3. Kurangi Beli Alat Canggih
Belakangan banyak alat-alat masak canggih yang mungkin sekilas terlihat bisa membantu mempersingkat waktu. Tapi seringkali alat-alat tersebut hanya dipakai satu dua kali karena sebenarnya tak terlalu butuh. Dari pada membuang uang, lebih baik pikirkan dulu apakah benar alat itu akan membantu memasak atau menghemat waktu.

Kepada Money, blogger Budget Bytes pun memberi sarannya. Dari pada membeli alat-alat canggih, lebih baik berinvestasi dengan pisau berkualitas dan alat-alat masak dasar. Menurutnya dari pada membeli blender hanya untuk jus yang jarang terpakai, lebih baik memilih food processor yang dapat menghancurkan bahan-bahan lebih tebal seperti untuk membuat hummus.

4. Belanja Sambil Main Handphone
Saat belanja, Anda mungkin pernah lupa mengambil satu atau dua produk tanpa sadar tapi malah mengambil beberapa barang yang sebenarnya tak terlalu dibutuhkan. Hal tersebut bisa semakin diperparah jika Anda belanja sambil main handphone.

Penelitian Fairfield University, Connecticut, AS itu membuktikan jika para pembelanja yang berkirim pesan, membaca email atau mendengarkan musik di handphone saat memilih barang bisa dengan mudah terdistraksi. Karena tangan sibuk dengan ponsel, pembelanja bisa lupa dengan barang yang seharusnya diambil. Hal ini bisa terjadi bahkan ketika Anda mengesampingkan handphone setelahnya.

5. Belanja dalam Keadaan Lapar
Trik hemat yang mungkin Anda tak pernah terpikirkan adalah jangan belanja saat lapor. Penelitian membuktikan bahwa pelanggan cenderung belanja lebih banyak ketika kamu sedang lapar. Banyak orang yang memilih belanja dulu baru pergi makan setelahnya. Tapi hal itu malah bisa semakin bikin kalap.



Simak Video "Tradisi Nimung Rame, Bentuk Syukur Masyarakat di Pulau Sumbawa "
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)