5 Model Sepatu Hak Tinggi yang Aman Dipakai Menurut Dokter Kaki

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 23 Jan 2019 15:09 WIB
Foto: istock Foto: istock

Jakarta - Pakai high heels memang bisa menunjang tinggi badan hingga membuat postur tubuh jadi lebih tegap. Tapi bukan rahasia lagi jika menggunakan sepatu tinggi bisa membahayakan kesehatan kaki. Tak hanya membuat kaki pegal, high heels juga dapat menyebabkan cedera hingga artritis. Karenanya, dokter kaki atau podiatrist tidak terlalu menyarankan pemakaian sepatu hak tinggi terlalu lama. Meski begitu, ada tujuh model hak tinggi yang disetujui podiatrist berikut ini.

1. Platform Heels

5 Model Sepatu Hak Tinggi yang Aman Dipakai Menurut Dokter KakiFoto: See by Chloe
Sepatu dengan heels runcing mungkin terlihat seksi. Namun high heels dengan platform tebal seperti ini lebih disarankan oleh podiatrist demi kesehatan kaki. Poadiatrist sekaligus Gotham Footcare, Miguel Cunha, mengatakan jika hak tebal dapat membuat pemakai lebih tinggi tanpa harus mengorbankan pergelangan kaki. Namun disarankan agar beda tinggi hak antara bagian depan dan belakang tidak lebih dari satu inch atau tiga cm untuk kenyamanan. Pilihannya seperti See by Chloe seharga Rp 5 jutaan ini pun dapat dipertimbangkan.

2. Architectural Heels
5 Model Sepatu Hak Tinggi yang Aman Dipakai Menurut Dokter KakiFoto: Charles & Ketih
Seperti platform heels, architectural heels juga biasanya hadir dengan alas atau hak yang lebih tebal. Karena itu, sepatu tersebut dianggap lebih aman dikenakan untuk jangka waktu yang lebih lama. Beragam brand menawarkan sepatu dengan desain arsitektural di bagian haknya. Retailer Charles & Ketih pun menyediakan opsi Leather Ballon Heel Sandals seharga Rp 900 ribuan berikut yang terlihat cantik sekaligus unik.

"Keuntungan sepatu hak tinggi arsitektual adalah mereka punya bagian permukaan yang lebih lebar dari pada stiletto kebanyakan. Sepatu seperti ini punya hak yang lebih lebar dari pada zona nyamanku, yang tidak membuatnya buruk, tapi aku memilih yang punya strap di pergelangan kaki untuk meningkatkan perlindungan," kata Miguel Cunha kepada Who What Wear.

3. Low Block-Heeled Slingbacks
5 Model Sepatu Hak Tinggi yang Aman Dipakai Menurut Dokter KakiFoto: Mansur Gavriel
Satu lagi model sepatu hak tebal yang disetujui oleh podiatrist. Kali ini dokter kaki tersebut menyarankan agar sepatu hak tebal tersebut hadir dengan slingback atau strap di bagian belakang untuk mendukung pergelangan kaki. Miguel pun menganjurkan agar Anda memilih sepatu dengan bagian depan melebar agar semakin nyaman untuk jari. Model sepatu seperti Leather Slingback Pumps seharga Rp 6 jutaan keluaran Mansur Gavriel ini pun cocok dikoleksi karena desainnya yang klasik dan elegan.

4. Loafer Heels
5 Model Sepatu Hak Tinggi yang Aman Dipakai Menurut Dokter KakiFoto: Gucci
Loafers heels adalah jenis high heels yang paling direkomendasikan oleh podiatrist. Desain sepatu tersebut memang tidak terlalu manis untuk tampil cantik dengan dress atau rok namun alas kaki itu adalah yang paling aman. "Heels loafer mungkin bukan sepatu paling cantik tapi sepatu itu benar-benar yang paling bisa diterima dan nyaman dalam daftar ini karena punya satu inch hak tinggi dan tertutup. Satu-satunya masalah yang perlu dikhawatirkan adalah bagian depan sepatu dan pastikan itu cukup nyaman," ungkap Miguel.

Berbagai retailer hingga brand kenamaan menawarkan loafer heels. Salah satu yang paling cantik dihadirkan Gucci berikut. Item seharga Rp 16 jutaan ini punya desain dan detail yang membuat Anda tampil cantik dan elegan di saat bersamaan.

5. Kitten Heels
5 Model Sepatu Hak Tinggi yang Aman Dipakai Menurut Dokter KakiFoto: Zara
Sepatu ini memang tidak memiliki hak yang lebar dan tebal. Namunkittenheels hadir dengan hak rendah yang juga dinilai lebih aman.Miguel mengatakan jika jenis alas kaki tersebut adalah yang paling aman untuk digunakan untuk jangka waktu lebih lama. Anda yang mencari pilihannya yang cantik sekaligus elegan dan cantik dapat mempertimbangkanstuddedslingbacks dariZara seharga Rp 1,2 jutaan ini.

(ami/ami)