Laporan dari Beijing

Canggihnya Belanja Online di China, Paket Dikirim dengan Drone

Hestianingsih - wolipop Senin, 12 Nov 2018 11:33 WIB
Ilustrasi belanja online. Foto: shutterstock Ilustrasi belanja online. Foto: shutterstock

Beijing - Teknologi e-commerce terus berkembang dan semakin canggih saja, khususnya di China. Sebagai negara tempat berdirinya perusahaan e-commerce raksasa dunia, seperti JD.Com dan Alibaba, berbelanja online sudah menjadi semacam budaya di berbagai kalangan masyarakat dari segala penjuru daerah.

Efisiensi waktu pun jadi hal utama saat mengantarkan barang pesanan sampai ke tangan konsumen. Dengan banyaknya transaksi online yang mencapai jutaan setiap harinya, pengiriman barang kini tak lagi mengandalkan tenaga manusia saja, tapi juga robot hingga drone.

Seperti inovasi yang dikembangkan JD.Com. Perusahaan e-commerce asal China ini jadi yang pertama menggunakan drone untuk pengiriman barang, demi memenuhi jaminan barang diantarkan 'pada hari yang sama dan/atau satu hari berikutnya'.

Canggihnya Belanja Online di China, Paket Dikirim dengan DroneSalah satu drone milik JD.Com yang digunakan untuk mengirim pesanan di daerah pedesaan. Foto: Hestianingsih/Wolipop



Program pengiriman barang menggunakan drone ini pertama kali diluncurkan pada Oktober 2015, dan mulai dioperasikan di Juni 2016. Hingga saat ini, drone delivery sudah mencakup lebih dari 100 desa di China.

Kenapa menggunakan drone untuk mengirim barang?

"China sangatlah luas dengan kontur yang beragam. Ada pegunungan, sungai, dan lain sebagainya. Mengirim barang menggunakan mobil bisa memakan waktu hingga dua hari dan biayanya juga mahal. Sedangkan pakai drone barang bisa dikirim hanya dalam waktu setidaknya 15 menit," jelas Corporate Vice President JD.Com Gloria Li saat kunjungan Wolipop ke Kantor Pusat JD.Com di Beijing, China, Minggu (11/11/2018).

Ada sekitar 10 tipe drone dengan berbagai ukuran dan kemampuan jarak tempuh yang dikembangkan JD.Com. Sejak dimulai pada 2016, perusahaan internet terbesar ketiga di dunia ini telah berhasil mengirimkan lebih dari 140 ribu paket antar provinsi maupun kota.

Canggihnya Belanja Online di China, Paket Dikirim dengan DroneCorporate Vice President JD.Com Gloria Li di kantor pusat JD.Com, Beijing, China. Foto: Hestianingsih/Wolipop


"Pengiriman dengan drone hanya untuk daerah pedesaan dan terpencil yang benar-benar sulit ditempuh kendaraan biasa. Kalau di kota-kota besar kami sudah punya operasional sendiri yang sangat efisien," ujar Gloria.

Satu drone bisa mengangkut paket seberat 5-30 kg, dengan jarak tempuh 5-30 km, tergantung dari tipe yang digunakan. Ketahanan drone pun beragam, dari 30 menit hingga satu jam.

Paket-paket yang dibawa drone tidak langsung diantarkan dari rumah ke rumah, melainkan dikumpulkan terlebih dahulu di pos logistik regional, untuk kemudian dikirimkan ke partner-partner lokal di setiap desa. Selanjutnya paket diantarkan langsung melalui kurir ke konsumen.

"Untuk pengiriman dengan drone kami juga memerhatikan kebijakan pemerintah dan pengaturan udara. Rute pengiriman sudah ditetapkan untuk masing-masing daerah jadi sangat terjamin dan aman," tambah Gloria.


(hst/eny)
CNN ID
×
Layar Pemilu Terpercaya
Layar Pemilu Terpercaya Selengkapnya