Tanpa Disadari, Kamu Pasti Sering Melakukan Ini Saat Beli Baju Online

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 14 Sep 2018 13:04 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Belanja online kadang bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan namun juga sebagai hobi. Para shopaholic pun punya kebiasaan masing-masing saat membeli barang dari situs belanja. Misalnya selalu belanja online saat istirahat kerja atau membandingkan satu situs dengan situs lain. Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan YouGov, ada tiga hal berikut sering dilakukan pembelanja online yang mungkin tak Anda sadari.

1. Terinspirasi Online Shop
Riset tersebut menganalisa sikap para konsumer dari hasil survey APAC yang dilakukan di 10 negara, termasuk China, Malaysia, Singapura, dan Indonesia. Salah satu kebiasaan yang terungkap adalah para pembelanja ternyata sering terinspirasi online shop. Meski tidak memiliki keinginan membeli apapun namun saat sudah browsing situs belanja, orang akan terinspirasi untuk membawa pulang paling tidak salah satu barang.

Menurut penelitian, hal tersebut juga dilakukan belum tentu karena mereka ingin mengganti baju yang usah usang atau rusak. Banyak pembelanja online hanya ingin merasakan pengalaman membeli sesuatu yang baru. Namun beberapa orang juga terinspirasi untuk belanja barang yang belum pernah dimiliki sebelumnya.

2. Beli Baju Hanya Saat Sale
Menurut penelitian, sepertiga responden mempertimbangkan beli baju online terutama saat ada sale. Dikatakan jika setengah orang Asia Pasifik membeli busana paling tidak sebulan sekali dan kebanyakan dari mereka mengaku hanya membelinya saat ada potongan harga. Hal ini paling banyak dilakukan pembelanja online Singapura dan Australia.

3. Pilih Jenis Baju Ini Saat Sale
Studi ini pun mengungkap baju seperti apa yang kebanyakan dibeli orang ketika belanja online. Meski lebih menghabiskan banyak waktu di kantor, ternyata sebagian besar orang lebih suka beli baju kasual. Apalagi ketika ada program potongan harga. Saat browsing baju diskon, harga pun kerap jadi kriteria utama yang lebih penting dari pada kualitas bahkan kenyamanan.

Saat ada diskon, baju warna hitam dikatakan menjadi pilihan popular bagi para pembelanja. Selain hitam, biasanya orang juga akan memilih warna biru dan putih. Tak hanya warna, parashopaholic pun cenderung lebih suka pakaian tanpa motif setiap kali berbelanja bajuonline. Namun baju bergaris dan bermotif logo juga cukup popular.

(ami/ami)