Seperti Wanita Asli, Manekin di Toko Ini Punya Selulit Hingga Bintik Wajah

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 26 Feb 2018 14:02 WIB
Foto: Missguided
Jakarta - Hampir semua wanita punya bagian tubuh yang tidak disuka atau membuat kurang percaya diri. Media dan industri fashion pun dikatakan menjadi salah satu penyebabnya. Wanita memang sering ditampilkan sebagai sosok yang sempurna dengan tubuh dan wajah tanpa cela. Padahal kebanyakan dari mereka tidak tampil demikian. Missguided pun mencoba untuk mengubah persepsi tersebut dengan menghadirkan manekin tak biasa.

Brand Missguided peduli dengan masalah representasi di industri fashion. Karenanya, merek asal Inggris tersebut menghadirkan manekin dengan tampilan fisik yang berbeda dari boneka kebanyakan. Manekin-manekin di toko Missguided terlihat punya selulit, bintik-bintik wajah, hingga vitiligo. Para boneka juga hadir dengan warna kulit beragam.

Seperti Wanita Asli, Manekin di Toko Ini Punya Selulit Hingga Bintik WajahFoto: Missguided
Tak hanya menampilkan wanita dengan kekurangan, Missguided juga menghadirkan sebuah manekin berkerudung. Dalam foto yang beredar, boneka itu ditampilkan mengenakan busana yang lebih tertutup dari manekin kebanyakan. Manekin itu memang hanya kerudung yang diselempangkan namun cukup menawarkan keberagaman.

Hal ini pun mendapat respon positif dari para pelanggan dan netizen. Banyak netizen memuji tindakan Missguided dan berharap jika retailer itu menambah keberagaman fisik. "Hore, ada brand yang akhirnya menyadari bahwa semua wanita punya latar belakang etnik yang berbeda, masalah tubuh, dan kekurangan" ungkap pengguna Twitter bernama Kimberley Wardle.

Seperti Wanita Asli, Manekin di Toko Ini Punya Selulit Hingga Bintik WajahFoto: Missguided
"Akan suka jika melihat manekin dengan jerawat, variasi tinggi dan berat badan. Missguided mengenalkan manekin dengan positivitas tubuh sebagai bagian dari kampanye #makeyourmark," kata Louise Mushet.

Sejumlah orang memang menyayangkan manekin belum hadir dengan bentuk tubuh dan tinggi badan yang lebih realistis. Namun ini tetap menjadi langkah besar untuk masalah keberagaman dan representasi di industri fashion. Sebelumnya, Missguided juga menghadirkan model plus size Felicity Hayward yang juga mendapat pujian dari netizen.

Seperti Wanita Asli, Manekin di Toko Ini Punya Selulit Hingga Bintik WajahFoto: Missguided
(ami/ami)