Cantik dengan Batik! Ini 10 Tempat di Jakarta untuk Beli Batik Berkualitas

Dona Rema - wolipop Rabu, 02 Okt 2013 09:40 WIB
Dok. M. Abduh/Wolipop Dok. M. Abduh/Wolipop

Jakarta - Selamat Hari Batik Nasional! Bagi Anda yang baru ingin membeli busana bermotif batik, namun bingung mencarinya di mana, intip rekomendasi dari Wolipop berikut ini. Anda bisa berbelanja busana batik berkualitas dengan koleksi yang beragam.

1. Sarinah
Department store ini merupakan salah satu destinasi belanja busana batik dengan berbagai macam pilihan. Pusat perbelanjaan yang sudah didirikan sejak 1962 itu juga menjadi tempat favorit belanja para turis yang datang ke Jakarta. Bagaimana tidak, selain pilihannya banyak, juga terbilang lengkap. Sarinah terdapat di Jl. MH Thamrin, Jakarta Pusat dan Pejaten Village, Jakarta Selatan.

2. Pasaraya
Selain Sarinah, Pasaraya juga bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda mencari berbagai macam busana bermotif batik. Di sini Anda bisa menemukan brand busana batik kelas premium, seperti Kabaya Kabaya, Kendedes, Batik Semar, Radja Batik, Kampoeng Batik, dan Rumainda.

3. Batik Keris
Tak hanya busana, tapi produsen batik asal Surakarta ini juga menjual ragam kerajinan tangan dari batik. Desain batik yang ditawarkan Batik Keris masih kental unsur tradisionalnya. Ini juga menjadi salah satu pionir toko dan brand khusus batik di Indonesia. Gerai Batik Keris pun sudah tersebar di hampir seluruh Indonesia.

4. Keris Gallery
Koleksi batik yang ada di Keris Gallery juga beragam. Di sini Anda bisa membeli batik mulai dari batik cap, tulis, hingga busana batik tradisional dan kontemporer. Keris Gallery juga menjadi department store favorit di Jakarta.

5. Alun Alun Indonesia
Alun Alun Indonesia memiliki beberapa kategori produk, salah satunya batik dan tenun. Tempat belanja itu juga menjual produk dalam negeri seperti kerajinan tangan, makanan, minuman dan fashion. Anda bisa menemukan Alun Alun Indonesia di West Mall lantai 3, Grand Indonesia Shopping Town, Jakarta Pusat.

6. Batik Parang Kencana
Terletak di Jalan Kemang Raya 81A, Jakarta Selatan, Batik Parang Kencana menawarkan busana batik premium dengan kisaran harga mulai Rp 500 ribuan. Label yang sudah berdiri sejak 18 tahun lalu itu juga menghadirkan busana batik yang feminin dengan gradasi warna pastel. Selain busana, brand di bawah naungan Mariana Sutandi itu juga menjual batik untuk keperluan rumah tangga seperti sarung bantal, sarung, dan selimut.

7. Iwan Tirta Private Collection
Koleksi busana batik untuk wanita, pria dan anak-anak bisa Anda beli di Galeri Iwan Tirta Private Collection. Jumlah koleksinya pun terbatas. Koleksi itu banyak memanfaatkan bahan katun, sutra, dan sutra ATBM karena tiap bahan dirasa memiliki kelebihan dan keunikan karakteristik tersendiri. Gerainya itu dapat Anda temukan di Senayan City, Pondok Indah Mall 2, Grand Indonesia Shopping Town, serta Pacific Place.

8. Rumah Batik Danar Hadi
Awalnya, merek yang didirikan H. Santosa ini mengusung batik berkualitas tinggi dan premium. Tapi kini, label yang didirikan sejak 1967 itu memfokuskan produk-produknya pada busana batik yang diolah secara couture. Batik asal Solo ini menyediakan koleksi busana muslim, pakaian pria, wanita, anak-anak, olahraga, tekstil, hingga perlengkapan rumah tangga. Store Danar Hadi dapat Anda temukan di Jl. Melawai Raya 69 -70 Jakarta Selatan.

9. Batik Chic Gallery
Berlokasi di Jl. Kemang Raya No.107 B, Jakarta Selatan, Batik Chic Gallery menawarkan berbagai macam busana, tas, serta sandal dengan sentuhan seni yang menggunakan bahan dari tenun dan batik. Koleksinya itu dirancang dengan tampilan yang unik dan elegan. Tertarik mengunjungi gerainya?

10. Alleira Batik
Awalnya label ini bernama Allure Batik. Lalu butik yang telah memberi warna baru pada Batik khas Indonesia itu, berganti nama menjadi Alleira Batik. Alleira pun dipercaya dapat menembus pasar mancanegara. Koleksi Alleira Batik selalu didesain stylish. Pilihan model dan warnanya pun beragam. Brand ini bisa menjadi tempat belanja batik favorit Anda. Gerainya pun sudah tersebar di mana-mana, termasuk Grand Indonesia Shopping Town dan Senayan City.



(rma/aln)