Berburu Perhiasan Kawat di Pameran Wire Jewelry

Kiki Oktaviani - wolipop Sabtu, 23 Jul 2011 10:20 WIB
dok. Wolipop
Jakarta -

Untuk pertama kalinya Indonesia Wire Jewelry Community (IWJC) bekerjasma dengan SMESCO, mengadakan pameran perhiasan yang berfokus pada wire Jewelry atau perhiasan yang terbuat dari kawat. Bertempat di UKM Gallery SMESCO di Jalan Gatot Subroto, Jakarta, ajang festival perhiasan kawat terbesar itu diadakan mulai dari 22 hingga 31 Juli 2011.

Kawat-kawat khusus yang berjenis soft wire, half hard wire dan hard wire membalut bebatuan yang ditemukan dari pelosok negri. Ada batu dari pacitan hingga kristal swarovski.

'Pameran Perhiasan Indonesia Wire Jewelry' menghadirkan 26 pengerajin wire jewelry dari berbagai wilayah di Indonesia. Beraneka rupa perhiasan dijual di sini. Anting-anting, kalung, gelang, cincin sampai bros dibanderol mulai dari Rp 20 ribuan hingga Jutaan rupiah.
 
Lucita Rembeth, pengerajin wire jewelry sekaligus Business Development IWJC mengaku, jika dalam pembuatan wire jewelry dibutuhkan waktu yang cukup lama. Pengerjaan yang rumit serta ketelitian itulah, yang membuat perhiasan ini berbeda dan semakin digemari banyak pengoleksi perhiasaan.

Lucita mengatakan, pengerajin memberikan harga yang beragam, mulai dari yang terjangkau sampai yang mahal. Banyak faktor yang membuat harga perhiasan-perhiasan ini sedikit mahal.

"Mahal tergantung dari komponen materialnya, seperti kawat, perak, emas atau batu, serta berapa lama pengerjaannya. Kita menghargainya dari desain dan lama pengerjaannya," papar Lucita saat ditemui dalam pembukaan Pameran Perhiasan Wire Jewelry, di UKM SMESCO Gallery, Jakarta, Jumat (22/7/2011).

Dalam pameran ini pengunjung tidak hanya dapat menikmati dan membeli perhiasan, tapi juga dapat mengikuti workshop. Kursus singkat tersebut dikenakan harga Rp 200 hingga 500 ribu, tergantung tingkat kesulitannya.

(kik/kik)