3 Rekomendasi Tempat Ngeteh Bagi Para Penikmat Teh di Jakarta

Hestianingsih - wolipop Kamis, 18 Okt 2018 16:20 WIB
Foto: iStock Foto: iStock

Jakarta - Tempat yang menyajikan berbagai macam minuman kopi sudah sering kita temukan baik di mall maupun kafe yang berdiri sendiri. Lalu bagimana dengan penikmat teh? Apakah pilihan kafenya juga banyak tersedia?

Kafe khusus untuk para penikmat teh memang belum sebanyak tempat ngopi. Tapi bukannya tidak ada. Yuk, cari tahu kafe untuk menikmati teh yang bisa kamu temukan di Jakarta.

1. Tsujiri Tea House
Di Jepang, Tsujiri Tea House sudah berdiri sejak 1860. Kini brand sudah berumur ratusan tahun itu hadir di Jakarta, tepatnya di Neo Soho, Tanjung Duren.

Tsujiri adalah 'surganya' pencinta teh, terutama matcha. Di sini Anda bisa menikmati berbagai sajian minuman teh mulai dari minuman hangat, dingin hingga es krim.
Foto: Hestianingsih/Wolipop

Anda patut mencoba menu andalannya, Signature O-Matcha. Minuman ini dibuat dengan cara tradisional, yaitu mengaduk bubuk matcha dan air panas secara cepat dan langsung dihidangkan. Minuman satu ini tak mengandung gula sehingga cocok untuk Anda yang sedang mengurangi asupan kalori.

Jika ingin sajian matcha yang lebih manis, bisa menjatuhkan pilihan pada O-matcha Cappuccino. Matcha dicampur susu yang meninggalkan foam dengan cita rasa creamy di atasnya. Disajikan panas-panas, menu satu ini terasa nikmat ketika mengaliri lidah. Minuman ini sangat cocok dinikmati bersama Warabimochi, mochi bertekstur mirip jelly dengan taburan gula manis di atasnya.
Foto: Hestianingsih/Wolipop

Ingin sajian yang dingin dan menyegarkan? Jangan sampai terlewat mencoba Tsujiri Parfait. Kami memilih Shiratama Parfait yang berisi mochi, konnyaku jelly dan ogura dengan es krim matcha di atasnya. Es krim tak terlalu manis bahkan cenderung pahit, tapi cukup seimbang dengan manisnya ogura. Harga minuman di Tsujiri Tea House mulai dari Rp 40 ribuan, dan dessert mulai dari Rp 40 ribuan.

2. Lewis & Carroll Tea
Foto: Hestianingsih/Wolipop

Lewis & Carroll Tea merupakan jawaban bagi para pencinta teh yang ingin merasakan sensasi berbeda saat menyeruput minuman ini. Ada sekitar puluhan rasa teh yang bisa dinikmati mulai dari yang klasik hingga yang bercitarasa unik.

Kafe ini berada di area hook sehingga cukup mudah ditemukan. Bangunannya cukup besar, dengan dekorasi pot-pot keramik di bagian depan yang menjadi ciri khas.

Untuk pengunjung yang baru pertama kali ke sini mungkin akan sedikit bingung dengan pilihan teh yang terdapat di daftar menu. Ada pilihan teh hitam, teh hijau, teh putih dan teh oolong klasik. Ada pula teh herbal dengan racikan berbagai jenis bunga-bungaan dan rempah.
Foto: Hestianingsih/Wolipop

Salah satu teh andalan mereka, Mad Midnight Sun yang merupakan campuran teh hitam, jahe, kayu manis dan cardamom. Terasa citarasa eksotis dari berbagai rempah yang dimasukkan dalam teh. Jika ingin citarasa yang lebih 'manis', bisa memilih Safari Sunset. Campuran dari teh herbal rooibos, potongan jeruk kering, akar liquorice dan pepaya kering. Aroma jeruk cukup dominan, dengan sentuhan 'manis' dari liquorice.

Dari kelompok seduhan bunga-bungaan, Wolipop memesan Winter Bloom; teh putih, amaranth (semacam biji-bijian), melati dan Marigold. Harum bunga cukup terasa pada teh ini dan aromanya cukup menenangkan. Selain minuman teh, tea house ini juga menyajikan berbagai makanan mulai dari appetizer, main course hingga dessert.

Untuk menikmati teh yang disajikan dalam teko dan cangkir mungil, Anda perlu merogoh kocek Rp 40.000 - Rp 60.000. Sementara minuman lain mulai dari Rp 40 ribuan. Harga makanan mulai dari Rp 50 ribuan dan dessert Rp 35 ribuan. LCT beralamat di Jl. Bumi No. 4, Blok M, Jakarta Selatan.

3. TWG Tea Salon & Boutique
Foto: Detikfood

TWG (The Wellness Group) yang memulai bisnis tahun 1837, punya butik teh gaya Inggris dan Prancis. Anda bisa menikmati minuman dari brand teh premium, Twinings, dengan berbagai citarasa unik.

Nah, jika ingin minum teh ala Eropa, WG Tea Salon & Boutique menawarkan menu untuk tea time pada pukul 15.00-18.00. Anda bisa memesan set menu yang terdiri dari teh yang bisa dipilih sendiri jenisnya, sandwich, pastry atau macaron. TWG Tea Salon & Boutique tersebar di dua tempat di Jakarta. Di antaranya Pacific Place dan Plaza Senayan.

Penikmat teh, selamat ngeteh!
(hst/hst)