Laporan dari Bangkok

Cabbages & Condoms, Restoran Unik Penuh Hiasan Kondom di Bangkok

Eny Kartikawati - wolipop Kamis, 03 Mei 2018 11:44 WIB
Cabbages and Condoms restoran berkonsep kondom di Bangkok. Foto: Eny Kartikawati/Wolipop Cabbages and Condoms restoran berkonsep kondom di Bangkok. Foto: Eny Kartikawati/Wolipop

Bangkok - Restoran di Bangkok Ini menawarkan keunikan tersendiri. Tamu yang makan di sini harus siap makan sambil melihat ratusan hiasan kondom.

Cabbages & Condoms, itulah nama salah restoran populer di Bangkok, Thailand yang punya dekorasi unik. Restoran yang berada di kawasan Klongtoey ini memberikan sensasi tersendiri bagi para tamunya sejak di pintu masuk.

Berjalan menyusuri lorong restoran dari pintu masuk hingga bagian dalam, kamu akan melihat berbagai dekorasi berbau kondom. Hiasan dinding yang menggambarkan aneka jenis kondom bisa kamu temukan di sini.

Sebelum sampai bagian dalam atau area utama tempat duduk, kamu bisa melihat sendiri seperti apa baju yang seluruhnya dibuat dari kondom. Beberapa baju dengan hiasan kondom warna-warni dipajang di restoran Cabbages & Condoms.
Cabbages and Condoms restoran berkonsep kondom di Bangkok. Foto: Eny Kartikawati/Wolipop

Jika kamu memilih duduk di area outdoor, bersiaplah makan sambil ditemani lampu-lampu restoran yang bentuknya tentu saja seperti kondom. Lampu bentuk kondom ini hadir dalam aneka warna, dan menariknya saat malam tiba, area outdoor ini jadi lebih instagramable berkat hiasan lampu tersebut.

Beranjak ke bagian dalam, pada setiap mejanya kamu bisa menemukan puluhan kondom yang dipajang di sana. Kondom di taruh di bawah kaca meja transparan, sehingga saat menu makanan di sajikan, alat kontrasepsi itu tetap terlihat. Seperti pada bagian luarnya, bagian dalam restoran Cabbages & Condoms juga dipenuhi dekorasi berbau kondom.
Cabbages and Condoms restoran berkonsep kondom di Bangkok. Foto: Eny Kartikawati/Wolipop

Kalau dekorasinya berbentuk kondom, bagaimana dengan makanannya? Jangan khawatir, pemilik restoran ini tidak serta merta menerapkan segala hal berbau kondom pada tempat makannya ini. Menu makanan yang disajikan di Cabbages & Condoms sebagian besar bercita rasa Thailand. Mulai dari Som Tum Talay, salad pepaya dengan campuran seafood yang jadi andalan di restoran ini, Cream Soup Tom Yum Goong, hingga Mango Sticky Rice yang sangat lezat.

Setelah kenyang menyantap semua makanan Thailand ini, kamu akan mendapat 'oleh-oleh' dari restoran ini sebelum pulang. Buah tangan yang diberikan tidak lain dan tidak bukan adalah sebuah kondom.

Saat Wolipop mendatangi restoran ini, Rabu (2/5/2018) untuk makan malam, saya dan rombongan sempat melihat hiburan dari dua penari. Dua penari tersebut menampilkan tarian tradisional Thailand.
Cabbages and Condoms restoran berkonsep kondom di Bangkok. Foto: Eny Kartikawati/Wolipop

Tour guide saya dan rombongan pun sempat menjelaskan bahwa restoran Cabbages & Condoms ini didirikan dengan tujuan mulia oleh Mechai Viravaidya yang kini dijuluki sebagai Mr. Condom. Pria tersebut mendirikan restoran ini bukan hanya ingin sekadar mempromosikan kondom sebagai alat kontrasepsi.

"Kalau kamu belanja ke manapun di Thailand, kamu bisa dengan mudahnya menemukan kol....kondom seharusnya seperti kol, ada di mana-mana dan bisa diakses siapapun," ujar Mechai dalam sebuah wawancara.
Cabbages and Condoms restoran berkonsep kondom di Bangkok. Foto: Eny Kartikawati/Wolipop

Dan seluruh hasil penjualan disumbangkan untuk berbagai program di organisasi Population and Community Development Association. Organisasi tersebut memiliki berbagai program mulai dari kampanye mengenai kontrasepsi, edukasi seks, pencegahan AIDS, beasiswa untuk anak-anak yang kurang mampu, korban tsunami dan pembangunan pedesaan.

So, tertarik datang ke restoran kondom ini?

Mango Sticky Rice. Foto: Eny Kartikawati/Wolipop

(eny/hst)