Cara Menghadapi Suami yang Egois dan Cuek Terhadap Istri

- wolipop Senin, 14 Apr 2014 09:58 WIB
dok. Thinkstock
Jakarta - Bagaimana cara menghadapi suami yang egois dan acuh tak acuh terhadap istri? Dia juga pernah melakukan kesalahan dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi. Dan dia juga berjanji bahwa tidak akan berbicara kasar, peduli pada saya dan lebih memperhatikan saya dan anak-anak. Akan tetapi, mengapa setiap saya membicarakan sesuatu...sepertinya tidak konsentrasi bahkan selalu lupa dengan apa yang telah kita bicarakan? Sepertinya apa yang saya berikan tidak sebanding dengan apa yang saya terima. Bagaiman cara mengatasinya agar saya merasa nyaman hidup bersamanya?

Vivi, 35 Tahun

Jawab:

Dear Vivi,

Memang tidak menyenangkan bila suami terlihat cuek, tidak mendengarkan dengan seksama ketika diajak berbicara. Hal ini mungkin terjadi karena meski ia ada secara fisik namun pikirannya ada di tempat lain, mungkin sedang memikirkan pekerjaan atau urusan lain sehingga tidak fokus pada apa yang sedang dibicarakan saat itu.

Dalam situasi demikian, idealnya adalah menarik kembali perhatian suami kepada kamu. Caranya dapat dengan secara persuasif, seperti mengingatkannya bahwa kamu sedang berbicara dan membutuhkan pendapatnya. Selain itu untuk menarik perhatian suami kembali kepada kamu, terdapat beberapa hal yang juga dapat dilakukan di bawah ini.

Pertama, kamu perlu fokus terlebih dahulu pada kebutuhan 'me time', yakni meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang positif dan menyenangkan yang dapat meningkatkan kesehatan mental diri kamu sendiri, seperti berolahraga, melakukan perawatan tubuh, meningkatkan penampilan, jalan/bersosialisasi bersama teman-teman. Kedua, berikan juga kesempatan ruang bebas yang sama untuk suami melakukan 'me time' bagi dirinya sendiri.

Seringkali pasangan yang sudah berumah tangga lupa bahwa mereka butuh waktu untuk mengisi kembali energi mereka yang telah terkuras untuk memikirkan hal-hal detil dalam sehari-hari, seperti sekolah anak, pelajaran anak, pekerjaan, dsb. Padahal hal ini penting untuk kesehatan mental masing-masing. Ketiga, luangkan waktu untuk melakukan aktivitas khusus bersama pasangan yang menyenangkan untuk kalian berdua. Dengan meningkatnya energi positif dan kualitas penilaian terhadap diri masing-masing serta keintiman dalam hubungan kalian berdua maka suami dengan sendirinya akan lebih memperhatikan kamu. Salam hangat Vivi.

(eny/eny)