ADVERTISEMENT

Sophia Latjuba dan Eva Celia Buka-bukaan Cara Atur Keuangan

Erika Dyah Fitriani - wolipop Jumat, 29 Jul 2022 14:12 WIB
Sophia Latjuba dan Eva Celia. Foto: dok. Jenius
Jakarta -

Sophia Latjuba dan Eva Celia dikenal sebagai pasangan ibu dan anak yang sama-sama memiliki paras menawan dan gemar melakukan berbagai aktivitas sosial bagi lingkungan sekitarnya. Tak hanya itu, keduanya pun seringkali membuat iri, karena selalu terlihat kompak di berbagai kesempatan termasuk saat membicarakan pengelolaan keuangan dengan turut memulai dan mengapresiasi #langkahkecilhariini bersama Jenius dari Bank BTPN.

Dalam video yang ditayangkan di YouTube Jenius Connect, Sophia dan Eva tampak asyik ngobrol sambil bermain dengan beberapa kartu pertanyaan. Salah satu kartu berisi pertanyaan 'siapa yang lebih genius mengatur uang?'.

Eva menjawab kalau kucingnya mungkin lebih jago mengatur keuangan yang disusul dengan tawa dari Eva juga Sophia.

"Aku sih, jujur. Mungkin karena sudah ada dana yang aku alokasikan khusus buat shopping juga," ujar Eva dikutip dari laman YouTube Jenius Connect.

Eva menambahkan dirinya kerap mengatur keuangan berdasarkan kebutuhan. Misalnya, mengalokasikan sekian persen untuk tabungan, sekian persen untuk kebutuhan sehari-hari, dan juga untuk beramal. Sehingga, kebutuhan hiburan seperti shopping tidak mengganggu pos pengeluaran kebutuhan-kebutuhan lainnya.

Tak hanya itu, Eva juga menyinggung soal pentingnya melek finansial bagi semua orang. Apalagi, jika berkaca dari kondisi pandemi yang kehadirannya tidak terduga. Menurutnya, penting sekali untuk menyisihkan uang sebagai pegangan di masa depan.

Eva mengaku belajar mengatur keuangan secara otodidak. Sebab, literasi keuangan bukanlah sesuatu yang diajarkan di sekolah.

"Jadi akhirnya aku ya lumayan beli buku untuk baca-baca soal investasi, saving. Dan karena aku masih seorang yang likes to enjoy things, but still trying to make it balance at the same time, aku tetap provide dana darurat dan allocate ke investasi. Aku juga lagi mencoba belajar saham. Jadi, nanti kalau punya anak I can teach them about financial independence dan financial literacy," ujar perempuan yang baru saja melangsungkan pernikahan dengan Demas Narawangsa ini.

Berbeda dengan Eva, Sophia mengaku tidak pernah secara khusus belajar mengatur keuangan. Sebab, ia juga tidak pernah mendapatkan pelajaran ini dari orang tuanya. Terlebih lagi, kesadaran soal finansial memang baru-baru ini berkembang di masyarakat.

"Kita satu keluarga juga mencoba living in the moment aja selama ini with debit card. But I fully agree with the importance of 'memisahkan' pengeluaran sesuai kebutuhan. Besides, hal itu juga membantu mengurangi stress," ucap Sophia.

Kendati demikian, Sophia mengaku lebih terbantu mengatur keuangan dengan hadirnya berbagai fitur di Jenius.

Sophia Latjuba dan Eva CeliaSophia Latjuba dan Eva Celia Foto: dok. Jenius

Diketahui, Sophia mulai menggunakan Jenius jauh sebelum pandemi dimulai.

"Waktu itu aku sengaja datang ke booth-nya di salah satu cafe Pondok Indah Mall. The reason was because I'm looking for payment method yang bisa aku gunakan untuk online shopping di berbagai situs, termasuk situs luar negeri," ungkap Sophia.

Bahkan, ia turut mengirimkan x-Card untuk ibunya di Jerman.

"I'm also using my x-Card untuk my mom di Jerman. How useful it is! I think, kalau transfer aja kan, it's so ribet. Kalau dengan x-Card itu cuma mindahin dana aja kan. Tapi kayaknya aku mau mulai pakai itu juga untuk alokasi uang belanja bulanan dan shopping juga bisa," jelas Sophia.

Adapun x-Card merupakan kartu debit tambahan yang bisa digunakan untuk mengatur pengeluaran secara lebih spesifik. Di Jenius, pengguna dapat memiliki hingga 3 kartu debit tambahan (x-Card). Sophia menambahkan dengan x-Card ia bisa bertransaksi lebih mudah, karena exchange rate-nya yang cukup bersaing, convenient, dan cepat sampai kepada sang Ibu di Jerman.

Tak hanya itu, baik Sophia maupun Eva juga menggunakan fitur Moneytory yang bisa bantu mereka mengecek pengeluaran dalam periode tertentu. Sehingga, kini mereka tak perlu lagi rajin catat pengeluaran setiap waktu secara manual.

"Moneytory itu kayak pie chart, jadi bisa kelihatan pemasukan dan pengeluaran seimbang atau nggak. Nggak pernah catat pengeluaran secara manual lagi sekarang, because we have Moneytory now," sambungnya.

Tak hanya itu saja, keduanya juga kerap memanfaatkan fitur Jenius Pay yang bakal memudahkan transaksi di berbagai merchant online dengan lebih praktis.

Tak hanya kompak dalam mengatur keuangan, Sophia dan Eva juga begitu dekat dan terus mendukung karier satu sama lain meski berada di jalur berbeda. Sophia sudah berkarier di dunia hiburan Tanah Air selama 35 tahun dan dikenal luas sebagai aktris. Sementara Eva, cukup fokus di bidang musik meski sebenarnya bisa melakukan berbagai peran lain karena ia pun diketahui sebagai artis serba bisa.

[Gambas:Instagram]

Sophia mengaku meski tak terjun langsung di dunia musik, dirinya selalu mendukung langkah kecil Eva dan berusaha terlibat dalam prosesnya berkarya. Ia pun selalu berusaha membebaskan Eva untuk dapat meraih semua mimpinya. Kebebasan menurutnya adalah hal yang penting, apalagi ia juga dibesarkan dengan diberi kebebasan serupa. Tak heran, keduanya bisa terus dekat dan saling menghargai mimpi satu sama lain.

Ingin tahu keseruan obrolan Sophia dan Eva? Yuk, saksikan kedekatan mereka dengan tonton video persembahan Jenius di sini!



Simak Video "Pesona Sophia Latjuba di Pernikahan Eva Celia"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)