4 Langkah Kecil Berbagi Sedekah di Bulan Ramadan agar Pahala Bertambah

Erika Dyah Fitriani - wolipop Kamis, 28 Apr 2022 22:32 WIB
Ilustrasi Donasi Foto: Shutterstock
Jakarta -

Di bulan Ramadan yang penuh kebaikan ini, masyarakat tak hanya dianjurkan untuk lebih banyak beribadah tapi juga diimbau agar lebih sering berbagi. Ada banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa berbagi kebaikan dan kebahagiaan lewat berbagai langkah kecil yang simpel.

Ya, berbagi tak harus dilakukan dengan cara yang ribet atau memberatkan diri sendiri. Dengan niat memulai #langkahkecilhariini dan kepekaan terhadap lingkungan sekitar, kamu sudah bisa berbagi kepada lingkungan sekitar untuk jadi pribadi yang lebih baik di bulan Ramadan.

Ingin tahu beberapa cara simpel bersedekah saat Ramadan? Simak contohnya berikut ini yang dilansir dari laman Jenius.

1. Jangan Tumpuk Mukena Bekas, Taruh Saja di Masjid!

Momen Ramadan dan Idul Fitri sering kali jadi alasan untuk membeli mukena baru yang paling trendi. Namun, tanpa disadari mukena lama pun semakin menumpuk di lemari karena tak lagi digunakan. Untuk membuatnya lebih bermanfaat, kamu dapat sedekahkan mukena bekas yang masih layak pakai ke masjid atau musala.

Misalnya, bawa mukena bersih milikmu saat bepergian dan letakkan di masjid/musala yang tak memiliki banyak persediaan mukena untuk jemaah yang singgah di sana. Jika memiliki rezeki berlebih, kamu juga bisa donasikan mukena baru untuk diletakkan di tempat yang sama. Dengan cara simpel ini, kamu tak hanya dapat bersedekah tapi juga bantu memudahkan orang lain yang ingin beribadah.

2. Sumbangkan Sandal Jepit untuk Wudu

Minimnya jumlah sandal jepit untuk berwudu di masjid atau musala tak jarang bikin kamu mesti menunggu giliran wudu yang lama. Hal ini pasti bikin ketar-ketir apalagi jika waktu salat sudah mepet.

Meski terkesan sepele, sandal untuk berwudu jadi barang penting yang dibutuhkan karena tubuh harus senantiasa bersih sebelum beribadah. Untuk itu, kamu bisa coba bersedekah dengan cara simpel, yaitu menyumbangkan beberapa sandal jepit baru untuk berwudu di fasilitas keagamaan terdekat. Tak perlu mahal, selama sandal yang kamu berikan layak tentunya kamu sudah bisa membantu orang lain.

3. Bawa Pet Food untuk Kucing Liar di Jalan

[Gambas:Instagram]

Pernah lihat seseorang berjongkok di jalanan sambil menaruh makanan kecil untuk kucing liar di jalan seperti yang dilakukan Eva Celia pada foto di atas? Nah, cara ini juga bisa kamu contoh untuk mulai bersedekah di bulan Ramadan. Sebab, berbagi tak hanya bisa dilakukan pada sesama manusia saja.

Dalam laman Instagram-nya, Eva Celia mengaku senang bisa berbuat sesuatu buat kucing yang menurutnya membutuhkan perhatian lebih.

"Langkah kecil yang aku buat hari ini, bikin aku tambah semangat mewujudkan mimpi bikin shelter untuk kucing dan anjing di sekitarku. Making progress towards my goal is my kind of small win. Tell me what's yours!" ungkap Eva dilansir dari laman Instagramnya, Kamis (28/4/2022).

Untuk itu, saat bepergian ke luar rumah, kamu bisa membawa pet food untuk kucing-kucing liar yang cenderung sulit mendapat makanan. Sehingga, kamu dapat secara langsung memberikan makanan kapanpun menjumpai para kucing di jalan. Caranya pun mudah, cukup beli makanan kucing kiloan di e-commerce maupun pet shop lalu letakkan di botol terpisah berukuran kecil yang muat di tasmu. Dijamin simpel dan nggak bikin ribet.

4. Sediakan Takjil atau Camilan untuk Kurir/Ojol

Siapa yang di bulan Ramadan ini makin sering check out produk e-commerce untuk Lebaran atau pesan makanan online untuk sahur dan berbuka? Jika kamu salah satunya, cara sedekah yang satu ini bisa segera dipraktikkan sebelum Ramadan berakhir.

Sediakan takjil sederhana ataupun camilan dan minuman ringan yang mudah dibawa oleh para kurir dan ojek online (ojol) untuk bantu mereka selama Ramadan. Apalagi jika barang pesananmu tiba mendekati waktu berbuka. Takjil ini bisa kamu letakkan di dekat kotak pos atau teras depan rumahmu, atau bisa juga kamu berikan langsung saat menerima paket.

Itu dia 4 cara sederhana yang bisa kamu coba untuk dapat bersedekah tanpa ribet di Ramadan ini. Selain dengan cara tersebut, kamu juga dapat menyalurkan sedekah dengan fitur Send It di aplikasi Jenius yang antiribet. Cukup dengan pilih menu Tagihan, lalu pilih Zakat & Lainnya untuk mulai bersedekah.

Di Ramadan kali ini, Jenius juga berkolaborasi dengan Dompet Dhuafa dan Rumah Yatim untuk mengadakan Program Double Donation. Pada program ini, setiap donasi paket buka puasa dan sahur di Dompet Dhuafa yang kamu bayarkan menggunakan Jenius Pay akan langsung dilipatgandakan hingga Rp 30.000.

Adapun penawaran Dompet Dhuafa Double Donation ini berlaku untuk transaksi Jenius Pay di portal donasi Dompet Dhuafa. Periode program ini berlaku hingga 3 Mei 2022 dengan informasi lebih lanjut yang bisa kamu cek di sini.

Selain itu, kamu juga bisa bersedekah dengan berbagi rezeki untuk anak yatim yang terancam putus sekolah di Rumah Yatim. Penawaran berlaku untuk pembayaran donasi Pendidikan Anak Yatim Dhuafa minimal Rp10.000 yang akan dilipatgandakan hingga Rp30.000 dengan mekanisme lebih lanjut yang bisa kamu cek melalui tautan berikut.

Dengan penawaran dan kemudahan dari Jenius, kamu bisa memulai langkah kecil untuk berbagi kebaikan di Ramadan penuh berkah kali ini.



Simak Video "Dihantam Pandemi, Anne Avantie Sebar APD untuk Tenaga Medis"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)