Biar Nggak Boros, Ini 5 Cara Cermat Manfaatkan THR

Inkana Putri - wolipop Senin, 25 Apr 2022 11:12 WIB
Ilustrasi THR Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Tak terasa bulan Ramadan telah memasuki minggu terakhir. Sejak awal Ramadan, antusiasme masyarakat dalam mempersiapkan kebutuhan pun mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari adanya kenaikan transaksi masyarakat dalam belanja online.

"Antusiasme masyarakat dalam belanja online terus meningkat selama awal Ramadan. Makanan dan Minuman, Kecantikan, Perawatan Diri, Fesyen, Ibu dan Anak serta Fesyen Anak menjadi beberapa kategori dengan peningkatan transaksi paling tinggi dibanding periode yang sama tahun sebelumnya," ujar VP of Marketplace Tokopedia Yudhiaji Kusuma dalam keterangan tertulis, Senin (25/4/2022).

Menjelang Lebaran, kini masyarakat pun disibukkan dengan berbagai kesiapan untuk menyambut hari yang fitri ini. Sala satunya memanfaatkan Tunjangan Hari Raya (THR) dengan cermat. Buat kamu yang masih bingung cara memanfaatkan THR dengan cermat biar nggak asal lewat, cobalah sontek 5 tips dari Tokopedia berikut.

1. Bayar Zakat

Sudah dapat THR? Pastikan kamu menyisihkannya untuk membayar zakat. Saat ini, kamu bisa membayar zakat secara online melalui Tokopedia. Dengan demikian, kamu bisa menunaikan kewajiban dengan mudah dan cepat.

"Pada Ramadan tahun lalu, zakat, donasi dan wakaf yang dibayarkan masyarakat melalui Tokopedia mencapai Rp13 miliar. Untuk terus membantu masyarakat menyempurnakan ibadah di Ramadan tahun ini, Tokopedia menghadirkan Kotak Amal Tokopedia. Masyarakat bisa membayar fidyah, zakat maal, zakat fitrah maupun wakaf lewat halaman tersebut," jelas Yudhiaji.

2. Beli Kebutuhan Lebaran

Lebaran cenderung identik dengan membeli pakaian baru. Buat kamu yang belum sempat membeli baju baru, kamu bisa dapatkan melalui Tokopedia. Sebab, ada banyak UMKM lokal fesyen yang menghadirkan berbagai produk untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Salah satunya Marvey Studio, yang menyediakan beragam pilihan sepatu lokal kekinian dengan desain cantik.

Pemilik Marvey Studio, Vanya Yunisca, menjelaskan semua sepatu diproduksi oleh para pengrajin lokal. "Dalam memproduksi sepatu, kami sangat memperhatikan kesejahteraan para pengrajin. Memakai produk kami artinya juga membantu ekonomi lokal bergerak," jelas Vanya.

3. Ditabung

Selain membeli berbagai kebutuhan Lebaran, THR juga dapat digunakan untuk menabung dan berinvestasi. Dengan begitu, THR kamu akan lebih bermanfaat. Selain ditabung, kamu bisa menggunakannya untuk berinvestasi. Mulailah dari investasi yang minim risiko seperti Reksadana atau investasi emas.

"Melalui Tokopedia Emas dan Tokopedia Reksa Dana masyarakat dipermudah untuk berinvestasi secara amanah dan sesuai prinsip syariah," jelas Yudhiaji.

4. Sajikan Menu Lebaran Khas Daerah

Lebaran tahun ini tak bisa mudik ke kampung halaman? Jangan khawatir, rindu kampung halaman bisa terobati melalui makanan khas yang disajikan saat menjamu kerabat saat Lebaran. Di Tokopedia Nyam, kamu bisa dengan mudah berbelanja berbagai produk makanan dan minuman favorit dengan berbagai promo menarik.

5. Pererat Silaturahmi

Belum lengkap rasanya Lebaran jika tak saling bersilaturahmi. Tak sempat bersilaturahmi dengan keluarga, kerabat, dan teman lantaran jarak? Kini kamu bisa tetap bersilaturahmi dengan berkirim hampers mulai dari kue kering, alat salat, hingga peralatan makan.

Melalui halaman Parsel Ramadan di Tokopedia, masyarakat dapat mempererat silaturahmi dengan saling berkirim parsel. Ada ribuan parsel yang bisa menjadi pilihan, mulai dari kue kering, makanan siap saji, alat makan, aromaterapi, hingga alat ibadah mulai dari Rp 50 ribuan dan gratis ongkos kirim lewat GoSend.

"Transaksi parsel makanan di Tokopedia pada minggu pertama Ramadan 2022 meningkat hampir dua kali lipat jika dibandingkan dengan periode yang sama di Ramadan tahun sebelumnya," pungkas Yudhiaji.



Simak Video "Dilayani Tokopedia Dongkrak Omzet UMKM Lokal"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/eny)