Anti Bokek di Bulan Ramadan Ternyata Segampang Ini Lho, Cek Yuk!

Dea Duta Aulia - wolipop Selasa, 05 Apr 2022 12:49 WIB
Ilustrasi Bebas Drama Finansial Foto: Dok. Shutterstock
Jakarta -

Mengelola keuangan dengan bijak saat bulan Ramadan merupakan salah satu hal yang harus dilakukan. Sebab pada momen tersebut pengeluaran seseorang cenderung lebih banyak jika dibandingkan pada bulan sebelumnya.

Banyak faktor yang bisa mempengaruhi pengeluaran membengkak, seperti naiknya harga kebutuhan bahan pokok, acara buka bersama, dan kegiatan lainnya yang cenderung menguras isi dompet.

Untuk itu agar finansial tetap terjaga ada sejumlah strategi yang mesti dilakukan agar selama bulan Ramadan. Berikut ini penjelasannya:

1. Tentukan Skala Prioritas

Sulit menentukan skala prioritas kerap menjadi biang kerok seseorang menjadi lebih boros di bulan Ramadan. Oleh karena itu, setiap orang harus bisa menentukan skala prioritas agar finansial tetap terjaga sehat selama Ramadan.

Kamu bisa memanfaatkan diskon besar-besar untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan. Selanjutnya, jika finansial tidak terlalu mendukung, kamu bisa memprioritaskan datang ke acara khas Ramadan yang lebih penting misal dengan keluarga atau orang-orang terdekat.

2. Buka Puasa di Rumah

Masih berkaitan dengan tips di atas, langkah kedua ini terbukti ampuh untuk membantu mengontrol pengeluaran di bulan Ramadan.

Buka puasa di rumah tidak hanya mampu menghemat pengeluaran saja. Namun kamu bisa memastikan makanan yang dikonsumsi jauh lebih higienis dan membuatnya sesuai dengan apa yang diinginkan.

3. Jangan Jadikan Self Reward Sebagai Alasan

Alih-alih telah berjuang menahan lapar dan haus seharian membuat banyak orang kerap melakukan self reward. Beragam jajanan buka puasa pun dibeli mulai dari es, gorengan, hingga makanan kekinian hanya untuk self reward.

Sebenarnya hal tersebut tidak ada salahnya jika tidak terlalu sering, dan finansial mencukupi. Namun, jika finansial tidak mendukung maka hal tersebut perlu dikontrol agar isi dompet tidak terkuras. Kamu juga bisa memilih menu buka puasa dengan kudapan yang lebih mengenyangkan ketimbang camilan kecil yang belum tentu mampu mengatasi rasa lapar.

4. Buat Rencana Keuangan

Memiliki rencana keuangan saat bulan Ramadan merupakan hal penting yang perlu dilakukan. Dengan begitu kamu bisa mengalokasikan dana ke sejumlah pos, seperti untuk mudik, memberikan THR, belanja keperluan sahur serta berbuka, dan lainnya.

Agar pengelolaan keuangan semakin maksimal, kamu bisa memanfaatkan sejumlah aplikasi untuk bertransaksi selama Ramadan, salah satunya dompet digital DANA.

Ilustrasi Bebas Drama FinansialFoto: Dompet Digital DANA

Melalui beragam fitur yang dimiliki dompet digital DANA mampu membantu kamu #BebasDrama saat Ramadan. Fiturnya pun mempermudah para pengguna untuk melakukan berbagai urusan transaksi digital. Mulai dari banyaknya ragam pilihan metode pembayaran yang bikin transaksi Bebas Ribet, serta transfer dengan gratis biaya admin yang bikin Bebas Bokek.

Dengan DANA, kamu juga Bebas Gaptek saat saldo kurang karena bisa gabung cara pembayaran pakai saldo DANA dan Kartu Bank di DANA. Tentunya, transaksi lewat DANA juga bikin Bebas Cemas karena telah dilindungi oleh DANA Protection.

Yuk, download dan pakai DANA agar kamu #BebasDrama di bulan Ramadan.

(ads/ads)