Mengenal 5 Keuntungan Pakai Uang Digital untuk Pembayaran Sehari-hari

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 24 Sep 2021 05:30 WIB
Ilustrasi Wanita Lelah Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Kini semakin banyak toko yang menyediakan pembayaran cashless atau tanpa uang tunai. Selama pandemi, beberapa toko bahkan hanya menerima pembayaran non tunai untuk mengurangi penyebaran virus Corona. Meski penggunaannya semakin meningkat, uang digital belum bisa dibilang menjangkau semua kalangan. Kamu yang juga masih ragu menggunakan uang digital, berikut lima keuntungannya yang bisa didapatkan:

1. Pembayaran Lebih Aman
Selama pandemi Corona, tentu banyak orang lebih peduli dengan kebersihan. Agar tidak tertular virus COVID-19, beberapa memilih untuk mengurangi pemakaian uang tunai. Uang digital pun sering digunakan sebagai sistem pembayaran. Tak perlu memegang uang, umumnya yang diperlukan hanyalah handphone dan aplikasinya.

Dalam acara Kupas Tuntas Uang Digital yang digelar Shopeepay, dikatakan jika penggunaan uang digital meningkat selama pandemi. Banyak orang mulai melirik sistem pembayaran non-tunai ketika membeli kebutuhan sehari-hari saat pembatasan aktivitas.

"Belakangan jumlah transaksi di minimarket juga meningkat 100%. Setahun belakangan tren pembayaran digital makin naik karena lebih aman, kita nggak harus pegang uang, tinggal perlu di-scan saja," Eka Nilam Dari, Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay.

2. Mencegah Kerugian
Memanfaatkan sistem pembayaran berbasis uang digital juga bisa menghindarkan dari penipuan atau kerugian. Saat menemukan sesuatu yang dibeli tidak terkirim atau tidak sesuai perjanjian, situs belanja dan sistem pembayaran berbasis uang digital bisa mengusahakan pengembalian dana.

3. Meningkatkan Produktivitas
Dengan mengandalka uang digital, kita juga bisa meningkat produktivas karena kepraktisannya. Kamu tidak harus selalu pergi ke bank atau ATM untuk mengambil uang tunai. Uang digital juga berkaitan dengan situs belanja yang dikenal bisa mempermudah pembelanjaan. "Dengan uang digital, pengguna bisa melakukan berbagai transaksi keuangan dengan mudah hanya dengan satu aplikasi," jelas Eka.

4. Mendapatkan Promo
Keuntungan lain dari sistem pembayaran uang digital adalah bisa membantu kamu berhemat. Aplikasi tak jarang sering memberikan berbagai promo dan diskon khusus. Terlebih penggunaannya yang tergolong baru, banyak tenant atau aplikasi yang memberikan potongan harga untuk menarik pelanggan.

5. Mempercepat Inklusi Keuangan
Sistem pembayaran berbasis uang digital juga berkontribusi pada peningkatan inklusi keuangan. Kini masyarakat bisa dengan lebih mudah mengakses layanan keuangan formal dengan aman. Selain itu, uang digital juga membantu pelaku usaha mendapat akses pemodalan.

(ami/ami)