7 Tips Investasi Emas Buat Pemula

Tim Wolipop - wolipop Senin, 16 Agu 2021 08:30 WIB
Kamu berkesempatan mendapatkan 1 dari 17 pilihan barang ini yang bisa ditebus dengan harga lebih murah serba 76! Foto: dok. detikcom
Jakarta -

Mau investasi emas tapi masih ragu-ragu? Berikut delapan tips investasi emas buat kamu yang masih belum yakin atau tidak tahu cara melakukannya.

Emas merupakan salah satu logam mulia yang paling diminati, selain bisa digunakan sebagai sarana investasi yang tidak terpengaruh inflasi, benda tersebut juga bisa dikenakan sebagai perhiasan untuk mempercantik diri. Emas yang dijual umumnya terbagi atas tiga jenis, yakni solid (batangan/koin), perhiasan dan putih.

Dikutip dari berbagai sumber, ini tujuh tips investasi emas:

1. Apa Tujuan Anda Membeli Emas?

Sebelum membeli emas, tetapkan dahulu tujuan kamu. Jika ingin berinvestasi, pilihlah emas batangan atau koin, karena nilai intrinsiknya yang relatif besar. Sedangkan untuk perhiasan sekaligus tabungan, maka bisa memilih emas yang memiliki kadar yang tinggi. Untuk emas perhiasan, nilai jualnya relatif lebih tinggi jika kemilaunya masih terjaga dengan sangat baik.

2. Cek Harga Emas Saat Ini

Harga emas berbeda setiap harinya, jadi Anda wajib mengeceknya di pasaran. Bukalah situs-situs yang mengkhususkan dirinya untuk hal. Pada situs-situs tersebut bisa melihat langsung harga-harga emas sesuai jenisnya. PT. Antam bahkan mengumumkan harga emas dua kali dalam sehari. Harga emas yang diumumkan oleh PT. Antam itulah yang menjadi patokan harga emas nasional.

3. Tempat Membeli Emas

Sangatlah penting menentukan tempat membeli emas yang baik. Belilah emas di toko yang memiliki reputasi yang jelas. Hal ini berguna untuk memberikan rasa aman dan kualitas yang baik. Perhatikan juga harga jual kembali di toko tersebut, jangan sampai harga jual kembali turun drastis. Hindari membeli emas dengan harga sama sesuai yang tercantum di surat. Untuk rekomendasi yang terjamin dan bersertifikat, pilihlah PT. Antam atau Pegadaian.

4. Cek Keadaan Fisik Emas

Dalam memilih emas, diutamakan yang tampilannya bersih tanpa noda hijau di pori-porinya. Beberapa toko sering menganggap hal ini adalah sesuatu yang biasa, padahal tidak. Tandanya emas tersebut belum dicuci dengan benar dan masih meninggalkan sisa kimia yang bisa menyebabkan alergi.

Jika kamu memilih untuk membeli emas dalam bentuk perhiasan, periksalah dengan baik apakah ada goresan, cekungan maupun cacat lainnya. Karena saat kamu hendak menjualnya kembali, hal ini akan mempengaruhi harganya.

5. Tanya Kadar kemurnian Emas

Menurut harga-emas.com, standar internasional kadar kemurnian emas adalah sebagai berikut:

- Emas 24 karat adalah emas murni (99.99%)


- Emas 22 karat memiliki komposisi 91.7% emas dan dicampur bahan lain 8.3% (biasanya bahan perak)


- Emas 20 karat memiliki kompoisis 83.3% emas


- Emas 18 karat memiliki komposisi 75% emas


- Emas 16 karat memiliki komposisi 66.6% emas


- Emas 14 karat memiliki komposisi 58.5% emas


- Emas 9 karat memiliki komposisi 37.5% emas

Di indonesia, standar kadar emas di toko emas agak berbeda. Emas 24 karat adalah 90% emas, Emas 23 karat adalah 70% emas, emas 22 karat adalah 40% emas dan yang lainnya. Bisa dibilang, sistem jual beli emas di pasar (tradisional-toko emas) memang cukup memprihatinkan karena tidak ada sistem dan standar yang menjadi konsistensi harga, berat maupun kadarnya.

6. Simpan Segala Bentuk Surat dengan Baik

Setelah membeli, kamu akan mendapatkan beberapa surat seperti kuitansi, sertifikat emas hingga nota pembelian. Simpanlah semua surat yang diperoleh dengan baik, karena akan diperlukan saat akan dijual kembali. Hal ini dikarenakan tidak semua pembeli emas, baik toko atau tempat lainnya, ahli dalam menentukan kadar emas tersebut. Istilahnya belum ada standarisasi. Perlu diingat jika surat-surat penting ini hilang, harga emas kamu bisa jatuh. Simpanlah dalam satu wadah bersama dengan emasnya dan kemudian disegel.

7. Menyimpan Emas yang Benar

Memiliki emas sama artinya dengan menyimpan barang berharga atau tabungan. Jika emas yang disimpan di rumah tidak terlalu banyak, gunakan kotak atau brankas pribadi. Jika emas tergolong banyak (batangan 1kg ke atas), maka perlu disimpan di kotak deposit di bank. Biayanya tidak terlalu mahal, dan berbeda-beda antara satu bank dengan yang lainnya.

Ingin investasi emas namun kamu belum punya dana untuk membelinya? Yuk ikutan parade tebus barang serba 76 di detik.com/parade17an. Kamu bisa mendapatkan emas 1 gram senilai 1 juta rupiah hanya dengan menebusnya dengan 76 ribu rupiah.

Mau tahu cara ikutannya? Berikut mekanismenya:
1. detikers wajib memiliki akun detikID. apabila belum memiliki, bisa mendaftar di sini.
2. detikers memberikan pantun kemerdekaan pada kolom komentar di bawah artikel ini.
3. Tema pantun berisikan pesan atau harapan untuk Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 76.
4. detikers bisa memberikan pantun lebih dari 1 (satu) kali.
5. Apabila detikers memberikan lebih dari 1 (satu) pantun, akan dipilih pantun terbaik.

Syarat dan Ketentuan:
1. detikers bisa memberikan lebih dari 1 (satu) pantun.
2. Pantun tidak mengandung unsur diskriminasi SARA.
3. Pantun yang sudah kamu kirim, akan dikurasi terlebih dahulu oleh tim detikcom sebelum ditayangkan di kolom komentar artikel terkait.
4. Pemenang akan diumumkan pada 17 Agustus 2021 setelah parade tebus barang ditutup pukul 21.00 WIB.
5. Pastikan nomor handphone dan email yang terdaftar adalah valid dan aktif agar bisa dihubungi oleh tim detikcom.
6. detikers yang terpilih akan dihubungi oleh tim detikcom untuk dikirimkan surat konfirmasi pemenang beserta dokumen pendukungnya.
7. Apabila dalam waktu 7 (tujuh) hari dokumen yang diminta tidak diberikan ke panitia, maka kesempatan untuk menebus barang akan dianggap hangus.
8. Keputusan panitia bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.


Yuk berikan pantun kemerdekaan terbaikmu di kolom komentar.

Stok emas 1 gram hanya ada 3 di Parade Tebus Barang Serba 76.



Simak Video " Wujud Masker Rp 22 Miliar Bikinan Israel Berlapis Emas dan Berlian"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)