Viral Kisah Istri Nabung Uang Gaji Diam-diam, Suami Kaget Saat Tahu Jumlahnya

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 03 Nov 2020 12:04 WIB
nurul janah Foto: tiktok
Jakarta -

Kisah seorang istri mengelola keuangan rumah tangga jadi viral. Wanita bernama Nurul Janah tersebut curhat di TikTok mengenai kesuksesannya mengumpulkan cukup banyak uang tanpa sepengetahuan suami. Ceritanya pun dipuji banyak orang dan dianggap inspiratif karena bisa menabungkan puluhan juta hingga bikin toko di tengah pandemi.

Dalam video TikTok yang diunggah di akun @nuruljanahskincare, wanita tersebut menunjukkan hasil 'LDR' dengan suami. Dikatakan jika Nurul dan pasangan rela hidup terpisah demi membangun impian mereka. Karena jenuh ditinggal merantau ke berbagai daerah, wanita itu pun mencari kesibukan dengan berbisnis online. Hasil jualan dan gaji suami itu lah yang ditabungkan diam-diam.

"Setiap bulan nabung gaji suami dan penghasilan online, kami gabungkan tapi nabungnya nggak nentu kadang 300 ribu kadang 1 juta kadang 6 juta kadang 9 juta tergantung rezeki dan kebutuhannya. Suami belum mengetahui kalau saya tabung secara diam-diam karena dia tahunya uang gajinya abis gitu aja padahal saya tabungkan," tulisnya di video viral yang sudah dilihat lebih 46 ribu kali itu.

@nuruljanahskincare

Saat pandemi, suami Nurul pun terpaksa kehilangan pekerjaan. Tapi berkat uang yang diam-diam dikumpulkan wanita 29 tahun tersebut mereka tetap bisa memenuhi kebutuhan. Ketika itu, suami Nurul sempat tidak percaya bahwa istrinya sudah bisa mengumpulkan hingga puluhan juta.

"Pada saat suami nganggur baru saya ceritakan bahwa jangan bersedih memikirkan kebutuhan karena saya punya tabungan. Dia nggak percaya dan saya kasih tunjuk buku tabungan yang sudah mencapai 24 juta 100 (ribu). Saya nabung baru 11 bulan karena keburu suami tidak kerja karena pandemi kemarin terpaksa saya cairkan tabungan itu buat kebutuhan sehari-hari," lanjutnya.

Kepada Wolipop, Nurul mengaku berjualan berbagai macam hal melalui sistem dropship. Karena dilarang bekerja oleh suami, ia pun memilih berbisnis online mulai dari kosmetik, hijab, sandal, sepatu, hingga MLM. Wanita yang tinggal di Garut itu mengaku sebenarnya suami tidak pernah melarang atau menanyakan gajinya digunakan untuk apa tapi ia sendiri yang berinisiatif untuk menabungkan.

Dari hasil menabung itu, kini Nurul dan suami sudah berhasil membangun toko sekaligus tempat tinggal sementara saat sewa tempat tinggal mereka jatuh tempo. "Dan keluarga suami malah men-support uangnya lebih baik bangun toko. Dan akhirnya modal nekat uang tabungan sisa 16 juta kami belikan material dan bismillah membangunnya tanpa memikirkan dari mana kekurangannya," tulis Nurul.

"Rencananya toko tersebut mau dijadikan toko grosir sembako, berhubung kami belum punya modal, terpaksa kami tempatkan menjadi tempat teduh karena kami belum punya tempat tinggal," ungkapnya ketika dihubungi pada Senin, (3/11/2020).

Dalam videonya, Nurul memotivasi para netizen untuk memulai bisnis asalkan punya niat dan keyakinan. Ia juga berterima kasih pada suami yang memberi kepercayaan pada gajinya juga saudara dan teman-teman yang ikut membantu. "Rezeki Allah kasih bukan hanya berupa uang saja melainkan suami, saudara, ipar, teman yang baik pun itu sebagian rezeki," katanya.

Nurul pun membagi tips kepada sesama istri agar bisa menabung banyak. "Tips menabung untuk istri saya rasa, tergantung bagaimana para istri bisa simpan keuangan baik secara langsung melalui celengan atau ditabung di bank dan pergunakan waktu sebaik mungkin," ujar Nurul.

(ami/ami)