Karena Pandemi Corona, Semakin Banyak Millennial Kesulitan Beli Rumah

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 09 Jun 2020 17:10 WIB
Woman distributing family budget Foto: Thinkstock
Jakarta -
Kehidupan millennial memang banyak dimudahkan dengan kecanggihan teknologi. Tapi generasi ini juga menemukan lebih banyak tantangan dalam hal karier dan keuangan. Karena walau banyak dari mereka yang sekolah tinggi, bayaran yang diterima belum tentu sebanding.
Apalagi dengan fakta bahwa penghasilan mereka banyak dihabiskan untuk memenuhi gaya hidup. Tak sampai di situ, pakar juga mengungkap jika millennial adalah generasi yang sulit beli rumah apalagi dengan adanya pandemi Corona.

Banyak millennial ingin selamanya tinggal dengan orangtua. Salah satunya alasannya adalah karena mahalnya harga rumah dan kesulitan mereka untuk mengumpulkan uang. Susahnya generasi ini punya kediaman juga diperparah dengan pandemi Corona yang masih jadi problema dunia. Masalah global yang menyebabkan resesi hingga banyaknya pengangguran ini tentu membuat tabungan mandek.

Hal tersebut diungkap oleh situs Realtor dalam analis terbarunya. Dikatakan bahwa rata-rata millenial membutuhkan uang sebanyak sembilan bulan tabungan untuk memenuhi pengeluaran sebulan mereka. Mengingat banyaknya generasi berusia awal 20an hingga akhir 30an tersebut yang kehilangan pekerjaan karena Corona berarti tak sedikit pula impian beli rumah yang akan tertunda.

Jika seseorang menganggur hingga enam bulan, mereka butuh hingga 4,5 tahun untuk mengembalikan tabungan yang hilang. Hal ini pun dilaporkan paling parah menimpa para millennial yang punya gaya hidup urban. Karena banyaknya pengeluaran, mereka akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk memulihkan tabungan. Kira-kira kamukah salah satunya?

Di Amerika, hal ini diperparah dengan semakin sulitnya sejumlah bank yang memberikan pinjaman kepada millennial. Belum lagi banyak dari mereka yang masih harus membayar pinjaman uang kuliah. Berdasarkan data Fed Reserve, hanya 4% millennial di AS yang punya properti sedangkan sebanyak dulu 32% baby boomer sudah bisa beli rumah di usia yang sama.


Ekonomis Danielle Hale pun memperkirakan bahwa millennial bisa menunda pembelian rumah mereka hingga bertahun-tahun. Terlebih mereka harus mengeluarkan uang 39% lebih banyak untuk membeli rumah pertama dibanding 40 tahun lalu.



Simak Video "Tak Mau Kalah dengan Pandemi, Pengrajin Batik Ciptakan Inovasi"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)