5 Alasan Kamu Bisa Lebih Hemat Selama Masa WFH Pandemi Corona

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 06 Apr 2020 19:00 WIB
Caucasian girl working on computer laptop


***These are our own 3D generic designs. They do not infringe on any copyrighted designs.*** Foto: Getty Images/iStockphoto/Rawpixel
Jakarta -

Pandemi virus Corona membuat pekerja kantoran harus melakukan tugasnya dari rumah. Hal itu memang belum tentu mempermudah tapi bisa buat kamu paling tidak lebih menghemat biaya. Masa-masa karantina pun patut dijadikan momen untuk mengatur keuangan. Berikut alasan yang buat gajian kamu bisa sisa lebih banyak selama WFH sebagai bahan acuan untuk mengatur keuangan dan motivasi agar semakin berhemat.

1. Hemat Uang Makan
Kamu mungkin berpikir jika WFH malah bikin boros karena tingginya biaya listrik atau banyaknya produk kesehatan yang perlu dibeli sebagai langkah pencegahan Corona. Namun satu hal yang bisa jadi mengurangi beban pengeluaran tersebut adalah hematnya uang makan. Selama tidak bekerja di kantor, kamu pasti lebih banyak makan masakan rumah. Apalagi jika kamu yang tak pernah absen beli makanan dan jajanan ketika di kantor.

2. Jarang Pesan Kopi
Belakangan kopi hampir sama pentingnya dengan komputer atau laptop ketika bekerja. Beberapa pekerja merasa sulit melakukan tugasnya tanpa segelas kopi di pagi hari yang biasanya dibeli di kafe. Saat Corona, tentu kamu tetap bisa beli kopi tapi mungkin tidak di coffee shop yang harganya mahal. Karenanya, keuangan bisa sedikit hemat.

3. Tidak Keluar Uang Transportasi
Harus berada di rumah seharian selama berminggu-minggu memang bisa membosankan. Tapi sisi positifnya kamu bisa menghemat uang tranportasi. Terlebih jika kamu biasa pulang-pergi dengan mobil pribadi dan harus melalui kawasan macet. Tentu uang tersebut bisa disimpan atau dialokasikan untuk sesuatu yang lebih berarti di tengah pandemi Corona ini.

4. Tidak Nge-gym
Tempat fitness juga ditutup selama pandemi Corona masih menghantui. Kamu pun bisa mengeksplor latihan-latihan fisik sendiri di rumah yang tak butuh banyak biaya.

5. Akhir Pekan di Rumah
Tak sedikit orang yang selalu menghabiskan akhir pekan di luar rumah untuk nonton bioskop atau makan di restoran. Hal tersebut pastinya jadi berkurang selama masa-masa karantina. Momen ini pun cocok dijadikan acuan untuk melihat seberapa banyak biaya hiburan yang biasa dihabiskan. JIka kamu sadar dua bulan ini bisa hemat banyak, tak ada salah untuk lebih mengurangi jalan-jalan di bulan-bulan ke depan.



Simak Video "Intimate Wedding Jadi Tren Baru di Masa Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)