Tips Menghemat dan Mengatur Pengeluaran Selama Pandemi Virus Corona

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 31 Mar 2020 21:00 WIB
Shot of a young couple using a laptop and going through paperwork at home Foto: iStock
Jakarta -
Pandemi virus Corona tak hanya mengganggu kesehatan tapi juga keuangan bahkan perekonomian dunia. Banyak orang harus kehilangan penghasilan karena dampak dari penyakit menular tersebut. Baik keuangan kamu terganggu atau tidak akibat Covid-19, mengatur finansial perlu dilakukan di saat-saat krisis seperti ini. Selain tentunya lebih berhemat, berikut tips mengatur pengeluaran selama pandemi virus Corona yang perlu diperhatikan.

1. Langsung Bayar Listrik/Air
Pandemi Corona membuat banyak orang terpaksa harus melakukan 'social distancing' bahkan diisolasi di rumah. Karenanya penting untuk menjaga agar rumah bisa menjadi tempat berlindung yang aman. Salah satunya adalah memastikan listrik, air, dan fasilitas lain yang dibutuhkan tidak terputus. Untuk itu, disarankan agar langsung membayar listrik, air, internet, dan lainnya agar tetap bisa tinggal dan WFH dengan nyaman.

2. Siapkan Uang Tunai
Di zaman yang canggih, banyak orang memang lebih suka membayar sesuatu tanpa tunai. Tapi di saat-saat krisis seperti ini, penting pula untuk menyediakan uang tunai di rumah. Terlebih kita tak disarankan untuk selalu keluar rumah, sediakan uang tunai cukup banyak di awal bulan. Uang tunai tersebut bisa dipakai untuk membeli makanan atau kebutuhan lain di toko tradisional dekat rumah dan sebagai dana darurat.

3. Belanja dengan Daftar
Dianjurkan pula untuk selalu berbelanja dengan daftar barang. Hal ini akan membantu kamu membeli semua yang dibutuhkan tanpa harus kembali ke supermarket atau pasar berkali-kali selama masa 'physical distancing'. Selain itu, daftar belanjaan juga akan membuat kamu lebih hemat karena tidak membeli hal-hal kurang dibutuhkan. Ingat pula untuk selalu membeli seperlunya agar orang lain yang juga memerlukan tidak kehabisan.

4. Hidup Hemat
Masa pandemi virus Corona juga patut dijadikan momen untuk belajar hidup hemat. Apalagi untuk kamu yang penghasilan jadi tidak tentu karena wabah ini. Selain dengan mendaftarkan barang belanjaan, hindari pergi ke restoran mahal, membeli barang, atau melakukan perawatan yang juga tidak sedang diperlukan untuk menghindari paparan virus Corona.

5. Lakukan di Rumah
Cara lain untuk berhemat adalah lebih mengandalkan buatan rumah ketimbang membeli. Bukan hanya untuk makanan tapi juga jasa, seperti potong rambut atau manikur. Demi berhemat, hindari pula membelanjakan banyak uang untuk hobi yang tidak diperlukan. Jika bisa alihkan pengeluaran tersebut untuk disumbangkan kepada orang-orang yang membutuhkan.



Simak Video "Patricia Gouw Dibikin Kaget dengan Protokol Covid-19 di Luar Negeri"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)