Jelang Gajian, Ini Tips Biar Kantong Aman sampai Akhir Bulan

Faidah Umu Sofuroh - wolipop Rabu, 25 Mar 2020 15:43 WIB
Atur keuangan Foto: Shutterstock
Jakarta -

Bagi sebagian orang, mengatur pengeluaran adalah hal yang cukup sulit. Apalagi saat menjelang gajian, pasti dalam benak tersimpan banyak keinginan menggunakan gaji untuk berbagai hal. Namun, sebaiknya kamu mulai menekan-keinginan-keinginan itu agar tak kesulitan di akhir bulan.

Meskipun sulit, mulailah biasakan diri untuk mendahulukan kebutuhan dibandingkan keinginan. Kamu juga harus mulai membuat rencana pengeluaran dan disiplin dalam mengikuti rencana yang telah kamu buat. Buat kamu yang masih kesulitan mengatur pengeluaran, berikut tips-tips yang bisa kamu ikuti supaya kantong tetap aman di akhir bulan.

Tetapkan Pengeluaran Harian

Hal pertama yang paling mudah buat kamu untuk mengatur pengeluaran yakni menetapkan uang yang boleh dihabiskan dalam sehari. Misalnya dalam satu hari kamu menetapkan Rp 50.000, maka setiap harinya kamu tak boleh menghabiskan uang lebih dari nominal yang kamu tetapkan. Kamu bisa melatihnya dengan cara hanya membawa uang Rp 50.000 di dompet dan jangan membawa kartu debit atau kredit ketika bepergian.

Hindari Utang

Supaya keuangan tetap aman, sebaiknya hindari berutang dalam bentuk apapun misalnya utang kartu kredit ataupun meminjam uang ke teman atau saudara. Kamu juga harus menghindari membeli barang dengan cara mencicil kecuali bila barang tersebut adalah jenis barang produktif bukan konsumtif. Apabila memang harus mencicil, sebaiknya pastikan dulu besar cicilan dengan besar pendapatan kamu.

List Prioritas Kebutuhan

Supaya pengeluaran tidak membengkak, kamu perlu listing prioritas kebutuhanmu. Misal untuk makan, transportasi, hingga kebutuhan rumah tangga sebagai kebutuhan primer. Kamu juga bisa membeli barang-barang seperti bahan makanan dan kebutuhan bulanan seperti sabun, shampoo secara eceran sesuai dengan kebutuhan agar pemakaian juga tidak berlebihan.

Nah, untuk membeli barang-barang keseharian, kamu bisa membelinya di warung dekat rumah. Selain harga yang lebih murah daripada harga di mall atau supermarket, kamu juga bisa membeli barang-barang secara eceran di warung kelontong.

Selain itu, di tengah wabah virus yang terjadi akhir-akhir ini, belanja di warung dekat rumah juga termasuk social distancing karena pergerakan kamu hanya sebatas lingkungan rumah saja bukan di tempat umum yang banyak orang. Dengan begitu kamu ikut membantu mengurangi penyebaran virus corona di Indonesia.

Biar belanja makin aman kamu bisa lho, belanja di warung GrabKios. Sebab, GrabKios menawarkan jasa antar barang ke rumah tanpa ada kontak fisik. Pastinya bisa lebih aman lagi karena kamu bisa menggunakan OVO sebagai alat pembayaran tanpa ada kontak dengan penjual.

Nah, itu dia tips biar kamu bisa mengatur pengeluaran dengan tepat, bisa lebih hemat dan aman buat kantongmu dan kesehatanmu. Selamat mencoba!

(prf/eny)