Tren Bikin Rekening Tabungan untuk Nonton Konser, Perlukah?

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 21 Agu 2019 07:31 WIB
Foto: iStock Foto: iStock

Jakarta - Semakin banyak musisi baik dalam dan luar negeri yang menggelar konser. Hal ini membuat sejumlah pecinta musik khawatir dengan kondisi keuangan mereka. Meski senang menyambut kedatangan artis favorit, mahalnya tiket konser sering mengganggu jumlah tabungan di rekening apalagi jika diumumkan secara mendadak. Di Twitter, sejumlah fans mengaku punya tabungan tersendiri untuk mendanai hobi mereka yang juga disetujui pakar keuangan. Perlukah buat rekening tabungan khusus untuk konser?

Menikmati pertunjukkan dari artis kesukaan penting bagi sebagian orang. Karena itu, sebagian fans rela menyisihkan uangnya untuk membeli tiket konser termahal bahkan mengejarnya hingga ke luar negara. Jika Anda salah satunya, disarankan untuk menyiapkan 'budget' khusus agar tidak stres saat tahu akan menghabiskan banyak uang demi melihat idola.

"Ini akan memberimu pengertian jelas mengenai pengorbanan. Ini menjadi sebuah pilihan yang memang disengaja. Ya, tiket-tiket ini memang penting untukku dan aku lebih baik membelinya dari pada menghabiskan uang untuk busana," kata Kelsay Dickey, CEO Fiscal Fitness Phoenix kepada Money. "Beberapa klienku punya 24 rekening dan mereka menyukainya. Itu membuat mereka merasa bisa mengontrol," tambahnya.

Untuk Anda yang berencana membuka rekening khusus untuk konser atau keperluan fangirling atau fanboying lain, berikut empat hal yang patut diperhatikan.

Pahami Tujuan Rekening
Sebelum membuka tabungan baru, ketahui dengan jelas tujuan dan artinya untuk Anda. Seorang fans mengaku sengaja menyediakan rekening khusus untuk menonton artis-artis besar yang jarang menggelar konser. Apalagi salah satunya tujuan dia adalah untuk mengembangkan kemampuan bermusik. Biasanya artis besar akan menjual tiket lebih mahal bahkan perlu ke luar kota dan negara untuk menyaksikannya. Jika Anda juga demikian, mungkin memang sudah seharusnya membuka rekening spesial.

Berapa Banyak untuk Ditabung
Menentukan berapa banyak uang untuk disumbangkan ke rekening tabungan konser memang sulit. Tidak ada perhitungan khusus yang disarankan namun lihat kembali kebutuhan dan kemampuan. Sebelum menetapkan jumlah, coba hitung terlebih dahulu semua keperluan dan tagihan bulanan. Jika sisa untuk ditabungkan masih banyak, Anda bisa menyisihkannya untuk dana konser.

"Aku sudah menonton Bey(once) tiga kali, setiap kalinya aku mendapat kursi yang lebih baik karena aku punya cukup uang di 'Dana Umum Konser' untuk membeli tiket. Aku selalu tidak pintar dalam budgeting tapi ini mengajarkanku bagaimana dengan mudahnya mengatur budget untuk hal-hal yang penting dalam hidupku," kata seorang fans Beyonce kepada Vogue.

Buat Rekening Spesial
Menyiapkan rekening dan dana khusus pun bisa menghindarkan Anda dari terlalu boros mengeluarkan uang karena sudah menetapkan jumlah tertentu untuk dipakai menonton konser. Penasehat keuangan Tonya Rapley pun menyetujui strategi ini. Ia menyarankan untuk mencari bank yang tidak sulit untuk membuka akun baru, tanpa minimum saldo, tapi juga memberikan bunga.

Tetap Punya Tabungan Darurat
Meski sebagian dana sudah tersedot untuk konser, jangan abaikan tabungan lainnya, termasuk tabungan darurat. Disarankan untuk memiliki dana darurat paling tidak setara tiga bulan gaji. Menikmati konser dan kehidupan sebagai fans memang menyenangkan tapi kelangsungan hidup tetap lebih penting.


Simak Video "Saat Api Menari Mengikuti Alunan Musik"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)