4 Aturan Punya Rekening Tabungan Bersama dengan Pasangan

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 23 Jul 2019 07:38 WIB
Foto: iStock Foto: iStock

Jakarta - Setelah menikah, pasangan suami istri bukan hanya akan berbagi rumah dan keluarga. Terutama untuk suami dan istri yang bekerja dan ingin penghasilannya dipakai untuk kebutuhan bersama, uang tentu juga akan dibagi dua. Untuk sebagian pasangan, disarankan memiliki satu rekening bersama demi memudahkan pengaturan finansial. Berikut empat aturan punya rekening tabungan gabungan bersama pasangan.

1. Buat Rencana Keuangan
Anda yang baru mulai berumah tangga atau baru ingin secara serius mengatur finansial perlu menyiapkan waktu untuk sama-sama membahas pengaturan keuangan. Ketika membicarakannya, disarankan untuk jujur dalam mengungkap penghasilan, ekspektasi, dan tujuan finansial yang diharapkan.



Agar adil, coba pikirkan aturan keuangan bersama misalnya dengan menggunakan budgeting 50/30/20 (50% penghasilan untuk kebutuhan, 30% untuk kesenangan, dan 20% untuk ditabung). Kemudian pisahkan pengeluaran menjadi kebutuhan, keinginan, dan tabungan.

2. Buka Rekening Bersama
Membuat satu rekening bersama disarankan untuk memudahkan pembayaran tagihan rumah tangga. Apalagi untuk Anda yang memang berniat saling berbagi tanggung jawab finansial keluarga. Perencana keuangan Christine Centeno mengatakan cara ini juga akan memudahkan ketika terjadi sesuatu yang mendadak, seperti biaya rumah sakit. Jika tidak ingin punya tabungan gabungan, dianjurkan memasukkan rekening pasangan sebagai penerima di akun Anda.

3. Tentukan Jumlah yang Tepat
Hal lain yang perlu diperhatikan adalah menentukan berapa jumlah uang yang dikirimkan setiap bulannya. Menurut Christine, suami istri tak perlu menabungkan jumlah yang sama, sesuaikan saja dengan penghasilan atau kesepakatan. Sebelum melakukannya coba hitung berapa kira-kira pengeluaran setiap bulan lalu diskusikan berapa bagian dari gaji masing-masing yang proposional untuk disumbangkan.

4. Selalu Cek Secara Regular
Disarankan untuk selalu mengecek jumlah tabungan secara berkala. Pastikan jika Anda atau pasangan tidak lupa untuk mengirimkan sejumlah uang yang telah dijanjikan agar keuangan tetap lancar.

Simak Video "Koleksi Sneakers, Investasi Kekinian Anak Muda"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)