Guru Finansial Ungkap Tips Mudah Punya Banyak Uang: Pura-pura Kaya

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 08 Mei 2019 09:35 WIB
Foto: iStock Foto: iStock

Jakarta - Dipercaya jika pikiran positif akan membawa hasil yang positif. Karena itu, seorang guru keuangan menganjurkan agar orang bisa berpikir positif bahwa mereka sudah menjadi orang kaya. Hal tersebut dianggap bisa mendatangkan energi positif yang akan menarik lebih banyak uang.

Guru keuangan dan jurnalis Korea Selatan, Lee Suh Yoon dan Hong Jooyun mengungkap rahasia menjadi orang kaya dalam buku The Having. Berbeda dengan kebanyakan pakar yang menekankan pentingnya menabung dan investasi, penulis wanita tersebut lebih mengutamakan sisi emosional. Menurut keduanya, untuk bisa memiliki kekayaan seseorang harus merasa bahagia pada apa yang sudah dimiliki sekaligus mampu memakai uang mereka sesuai dengan perasaan tersebut.

Buku 'The Having' dimulai dengan pengalaman Suh Yoon menemui seorang guru keuangan misterius bernama Suh Yoon untuk bertanya apakah ia sendiri bisa jadi kaya. Suh Yoon sendiri adalah seseorang yang biasa sering memberi nasehat finansial kepada para '1%' atau orang-orang terkaya di Korea Selatan.

Saat Hong Yoo Jun meminta sang guru tersebut untuk mewawancara, mereka pun berdiskusi bagaimana orang-orang biasa bisa punya banyak uang. Sang guru pun mengatakan jika hal tersebut bisa didapatkan dengan mudah dan cepat yakni dengan hidup seimbang dengan emosi mereka yang sebenarnya. Untuk menjadi kaya, disaranakan agar orang mengubah cara berpikir mengenai uang dengan pendekatan yang lebih emosional.

"Jika kamu menikmati uang dengan energi positif, kamu akan menarik lebih banyak uang. Energi adalah penyebabnya dan materi adalah efek yang mengalir dari itu. Orang kaya sebenarnya adalah mereka yang tahu bagaimana menikmati kebahagiaan ketika memakai uang. Seberapa banyak uang di dompet ketika itu tidaklah penting," ungkapnya.

Dengan kata lain para penulis buku mengatakan jika pura-pura jadi kaya bisa jadi cara untuk punya banyak uang. "Memiliki dimulai ketika kamu bisa fokus pada pikiran bahwa 'sekarang aku punya uang' bahkan jika kamu hanya punya satu dollar. Kunci untuk mengubah keadaan adalah emosi bukan pikiran," lanjutnya.

"Semua orang dilahirkan dengan kualifikasi untuk menjadi kaya seperti mereka punya kualifikasi untuk dicintai. Jika kamu memperhatikan apa yang kamu inginkan, kamu secara natural menjauhkan diri sendiri dari pembelian yang terlalu boros atau mewah," kata penulis.
(ami/ami)