Tips Manfaatkan Diskon untuk Hemat Belanja Menu Sahur dan Buka Puasa

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 03 Mei 2019 18:03 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Selama sebulan berpuasa, Anda mungkin tidak mengeluarkan banyak uang untuk makan siang. Namun biaya tersebut dialokasikan untuk belanja bahan makanan sahur dan berbuka. Butuh lebih banyak energi selama menahan lapar belasan jam, banyak orang pun ingin menyantap makanan yang lebih berkualitas. Karena itu, pengeluaran untuk makanan sering jadi lebih banyak. Bagaimana cara mengatasinya? Ini kata perencana keuangan kenamaan Ligwina Hananto.


Sebelum memasuki bulan puasa, sebagian dari Anda mungkin sudah menyiapkan berbagai bahan makanan untuk sahur dan berbuka. Saat itu, mungkin Anda juga mulai menyadari banyaknya biaya yang harus dikeluarkan, apalagi berbagai harga makanan juga biasanya naik. Jika ingin sedikit berhemat, beberapa hal yang bisa dilakukan yakni menyiapkan daftar belanja dan memanfaatkan promo serta berbagai diskon.

Salah satu cara mengatur keuangan paling klasik namun tak selalu mudah diterapkan adalah menyiapkan daftar belanja atau kebutuhan. Cara berhemat paling gampang adalah menuliskan berbagai keperluan dan jangan membeli selain yang ada dalam daftar. Daftar belanja, termasuk menu-menunya pun penting disiapkan sebelum puasa agar tidak pusing menyiapkan makan sahur dan berbuka nantinya.

Berbagai diskon dan promo biasanya juga ditawarkan selama bulan Ramadhan. Hal ini bisa menjadi momok sekaligus keuntungan. Cara lain untuk hemat belanja sahur dan berbuka puasa adalah dengan memanfaatkannya. Tekniknya adalah dengan mengetahui promo dan diskon yang ditawarkan berbagai brand hingga supermarket lalu sesuaikan dengan menu sahur dan buka atau sebaliknya. Apalagi kini berbagai informasi belanja bisa dengan mudah ditermukan di internet.

"Manfaatkan sesuai kebutuhan kita," kata Ligwina dalam talk show 'Anti Boncos di Bulan Ramadan' yang diadakan Hero di Plaza Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (2/5/2019).

Selain untuk menu buka dan sahur, diskon bulan puasa juga bisa dimanfaatkan untuk belanja tahunan. Namun perlu diingat pula cara membedakan kualitas dan kuantitas barang.
"Mitosnya adalah belanja yang baik adalah yang murah. Tapi tidak selalu begitu. kalau mencari kuantitas kita bisa menggunakan promo tapi untuk kualitas cari yang premium. Yang penting ada uangnya atau nggak. Kalau ada promo, manfaatkan untuk kuantitas yang lebih banyak," ungkap Ligwina.

Diskon dan promo pun bisa dipakai untuk membeli parsel. "Misalnya Lebaran akan kirim hantaran ke mertua bisa pilih kurma premium. Untuk saudara yang lain mungkin bisa berikan yang promo. Yang sering terjadi adalah orang nngak punya perencaan sebelum puasa. Jadi, coba siapkan daftar siapa saja yang akan dikirimi atau apa saja yang akan dibeli," tambahnya. (ami/ami)