Millennial Ini Bagi Tips Sukses Punya 8 Rumah di Usia Muda

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 24 Jan 2019 08:06 WIB
Foto: Instagram/@paulapant Foto: Instagram/@paulapant

Jakarta - Millennial adalah generasi yang cukup beruntung bisa hidup dengan banyak kemudahan. Namun golongan orang yang tahun ini berusia sekitar 20 hingga 36 tahun tersebut juga punya tantangan dalam beberapa hal. Salah satunya adalah dalam memiliki rumah.

Meski begitu, millennial ini membuktikan kalau anak muda juga bisa membeli tempat tinggal. Adalah Paula Pant, millennial yang sukses membeli delapan rumah di usia 34 tahun.

Paula merupakan seorang imigran asal Kathmandu, Nepal yang kini bekerja sebagai blogger dan penyiar podcast. Kondisi memaksa Paula untuk bekerja keras agar punya rumah sendiri karena tak memiliki saudara untuk ditumpangi.

"Aku tidak punya saudara yang tinggal di Amerika yang punya sofa untuk aku tiduri. Aku tidak punya kakek dan nenek atau paman. Untukku mengetahui ada tempat berlindung sangatlah penting," kata Paula dilansir Time.


Millennial Ini Bagi Tips Sukses Punya 8 Rumah di Usia MudaPaula Pant punya 8 rumah di usia 34 tahun. Foto: Instagram/@paulapant

Kesuksesannya bisa punya rumah di usia muda tidak hanya karena uang. Menurutnya, ada keputusan yang harus diambil dengan hati-hati dan sejumlah hal yang perlu dikorbankan. Beberapa di antaranya adalah tidak membeli rumah di kota besar dan tidak memasang televisi kabel.

Paula dan suaminya, Will dikatakan menjalani beberapa pekerjaan untuk bisa mengumpulkan uang. Mereka pun harus hidup hemat sehingga bisa membeli rumah pertama mereka.

Ketika itu, Paula bekerja sebagai penulis lepas sedangkan suaminya pegawai perusahaan transportasi. Beberapa pengorbanan yang dilakukan Paula saat itu antara lain mengendarai mobil lama, tidak memasang televisi kabel, dan jarang beli baju baru.

Mereka juga memilih tinggal di Atlanta dan membeli rumah sederhana dengan harga rata-rata. Karenanya, Will sering kali membetulkan rumah sendiri berbekal pengalaman bekerja di konstruksi bangunan dan menonton tutorial di YouTube.

"Banyak teman kami yang tinggal di rumah dengan atap granit. Yang kami pikirkan adalah bagaimana bisa sehemat mungkin," ungkapnya.
Millennial Ini Bagi Tips Sukses Punya 8 Rumah di Usia MudaPaula Pant sukses beli 8 rumah di usia muda dengan berhemat. Foto: Instagram/@paulapant
"Setiap akhir pekan dari Jumat siang hingga Minggu malam kami menghabiskan waktu untuk rumah. Aku ingat pernah merasa seperti usia 20anku terbuang. Aku ingin untuk membeli akhir pekan," tambah Paula.

Untungnya, semua kerja keras Paula dan suami terbayar. Mereka akhirnya bisa memiliki rumah yang nyaman tanpa hutang. Menghindari hutang juga menjadi salah satu prinsip Paula dalam membangun rumah. Ia mengaku selalu berusaha membayar semuanya secara kontan dari pada harus terlilit hutang.

"Imigran dari Nepal biasanya berutang. Kadang aku melihat ke belakang dan berpikir 'jika kami meminjam sebanyak mungkin saat itu, bayangkan saja berapa banyak hutang yang kami miliki sekarang'. Tapi kami merasa cukup. Untuk memiliki jaring keamanan finansial tanpa kecemasan, untukku itu sepadan," katanya.

Prinsip-prinsip itu pun diterapkan Paula hingga tujuh tahun kemudian kini punya tiga unit dan lima properti. Dari pengalaman Paula terungkap bahwa millennial memang harus ekstra bekerja dan menabung untuk membeli rumah. Hindari menghabiskan terlalu banyak uang untuk gaya hidup demi masa depan yang lebih nyaman.
(ami/hst)