ADVERTISEMENT

Apakah Lidah Buaya Bisa Menghilangkan Jerawat? Ini Penjelasan Menurut Studi

Anggi Mayasari - wolipop Kamis, 19 Jan 2023 05:00 WIB
Lidah Buaya Bisakah Menghilangkan Jerawat? Apakah lidah buaya bisa menghilangkan jerawat? Foto: Getty Images/iStockphoto/monstArrr_
Jakarta -

Lidah buaya banyak disebut sebagai 'raja' perawatan kulit alami yang tak terbantahkan. Lalu, apakah lidah buaya bisa menghilangkan jerawat? Di bawah ini ada penjelasannya menurut sains

Jerawat cukup membuat seseorang menjadi masalah yang tak nyaman, sehingga banyak yang mencari cara efektif bagaimana menghilangkannya. Di antara berbagai pengobatan rumahan untuk jerawat, lidah buaya dianggap sebagai salah satu yang paling efektif.

Lidah buaya memiliki sifat anti-bakteri dan zat yang membantu mengobati bekas jerawat secara alami. Antioksidan yang ditemukan di tanaman lidah buaya memperbaiki kulit yang rusak, sementara Vitamin C, Vitamin E dan zink yang ditemukan di gelnya membantu mencerahkan dan membersihkan bekas luka.

Apakah Lidah Buaya Bisa Menghilangkan Jerawat?

Ya. Lidah buaya dapat mencegah jerawat karena memiliki sifat anti-inflamasi karena gula dan asam lemak yang ada di dalamnya. Ini memiliki beberapa sifat lain yang menjadikannya pilihan yang aman untuk melindungi kulit dan mencegah peradangan

Gel lidah buaya murni mengandung sekitar 75 bahan aktif, yang meliputi asam amino, asam salisilat, lignin, vitamin, mineral, saponin, dan enzim. Lidah buaya juga meningkatkan sintesis kolagen dan membantu penyembuhan luka dan bekas luka dengan cepat. Properti ini bermanfaat dalam penyembuhan bekas jerawat.

Aloe vera slices and moisturizer on a wooden table. Beauty treatment conceptsManfaat Lidah Buaya, bisakah menghilangkan jerawat? Foto: iStock

Lidah buaya juga melindungi kulit dari peradangan, kerusakan, dan hipersensitivitas kulit yang disebabkan oleh paparan sinar UV. Ini juga melembabkan kulit, meningkatkan produksi elastin dan kolagen, dan mencegah pembentukan kerutan. Asam amino dan seng dalam lidah buaya melembutkan kulit dan mengencangkan pori-pori kulit.

Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2014 seperti dikutip dari Cosmopolitan, meneliti efek kombinasi gel lidah buaya dan obat jerawat pada 60 subjek. Peneliti menyimpulkan bahwa kombinasi gel lidah buaya (50%) dan retinoid topikal (0,5%) jauh lebih efektif dalam menyembuhkan jerawat daripada plasebo. Juga, itu ditoleransi dengan baik oleh subjek.

Studi lain mengevaluasi kemanjuran kombinasi propolis, minyak pohon teh, dan lidah buaya dalam penyembuhan lesi jerawat. Hasilnya dibandingkan dengan kelompok lain yang diobati dengan krim eritromisin. Disimpulkan bahwa kombinasi gel lidah buaya (10%), minyak pohon teh (3%), dan propolis (20%) lebih efektif dalam mengurangi keparahan jerawat, jumlah lesi total, dan bekas luka eritema.

Bagaimana Cara Menggunakan Lidah Buaya untuk Menghilangkan Jerawat?

Yang kamu butuhkan hanyalah gel yang diekstrak dari daun lidah buaya dan beberapa jus lemon.

Cara membuat masker alami untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya dari lidah buaya:

1. Campurkan gel lidah buaya dengan satu sendok teh jus lemon segar.
2. Oleskan campuran secara merata pada area yang berjerawat dan diamkan selama sekitar 10 menit.
3. Bilas dengan air hangat dan lembabkan kulit. Lakukan perawatan ini dua kali seminggu.



Simak Video "Solusi Mengatasi Jerawat Membandel Akibat Penggunaan Masker"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)