7 Manfaat Lidah Buaya dan Cara Pemakaiannya

Sudiarto Putra - wolipop Jumat, 08 Nov 2019 05:32 WIB
7 Manfaat Lidah Buaya dan Cara Pemakaiannya/Foto: Thinkstock 7 Manfaat Lidah Buaya dan Cara Pemakaiannya/Foto: Thinkstock
Jakarta - Aloe vera atau yang sering disebut lidah buaya sudah lama dimanfaatkan dalam bentuk pengobatan tradisional di sejumlah negara. Aloe vera bisa digunakan mengobati penyakit sembelit, penyakit kulit, cacingan, infeksi, dan obat alami.

Dalam pengobatan china, aloe vera bisa digunakan dalam pengobatan penyakit jamur. Sementara di dunia Barat, aloe vera kerap direkomendasikan dalam industri kosmetik, farmasi, dan makanan.

Pembuatan ekstrak lidah buaya termasuk salah satu industri botani terbesar di dunia. Lalu, apa saja manfaat yang terdapat pada lidah buaya untuk tubuh kita. Berikut beberapa manfaat yang harus anda ketahui.



Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut

Sudah lama tanaman ini banyak digunakan untuk perawatan rambut. Namun, sebagian orang belum begitu paham lebih jelas tentang manfaat lidah buaya. Padahal tanaman ini memiliki segudang manfaat bagi rambut seperti berikut ini:

· Menghitamkan rambut

· Membuat rambut berkilau

· Mencegah rambut rontok

· Menguatkan akar rambut

· Menghilangkan ketombe

Caranya yaitu dengan mengambil gel lidah buaya, dan jadikan gel lidah buaya tersebut untuk masker pada rambut.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

1. Mempercepat Penyembuhan Luka Bakar

Lidah buaya mengandung zat anti inflamasi yang berguna untuk menyembuhkan luka bakar. Kandungan anti bakteri di dalamnya efektif melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri sehingga mempercepat pemulihan

2. Mengatasi Iritasi

Terkadang kulit tiba-tiba tanpa sebab sering mengalami iritasi atau radang seperti eksim, psoriasis, atau rosacea. Untuk mengatasi semuanya tersebut tidak ada salahnya untuk mencoba mengatasinya dengan cara menggunakan lidah buaya.

3. Untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Lidah buaya membantu penyerapan vitamin dan mineral yang berguna bagi tubuh secara maksimal sehingga kekebalan tumbuh akan meningkat. Lidah buaya dapat dikonsumsi dalam bentuk minuman atau suplemen lidah buaya.

4. Menjaga Kesehatan Bibir

Lidah buaya bisa digunakan untuk memberikan kesehatan pada bibir. Lidah buaya dapat membantu melembabkan bibir dan membantu bibir agar tidak pecah-pecah. Cara menggunakannya sangat mudah, gel lidah buaya dioleskan pada bibir setiap hari (https://www.detik.com/tag/manfaat-lidah-buaya).

5. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Lidah buaya bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan sifat anti bakteri di dalam lidah buaya. Lidah buaya juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi plak gigi.

6. Menjaga Sistem Pencernaan

Lidah buaya memiliki zat enzim yang dapat membantu pencegahan gula dan lemak yang dapat membantu mellancarkan pencernaan. Lidah buaya juga dapat membantu menurunkan iritasi lambung dan usus.

7. Menjaga Kesehatan Organ Hati

Kandungan fitonutrien pada lidah buaya sangat bermanfaat bagi hati. Fungsi hati akan bekerja secara optimal apabila mendapatkan nutrisi dan terhidrasi dengan baik. Hal bisa kamu lakukan dengan cara mengonsumsi jus lidah buaya secara rutin untuk menjaga kesehatan organ hati.

Selanjutnya
Halaman
1 2