ADVERTISEMENT

Gaya Rambut Ala Bella Hadid Disebut Bisa Bikin Botak, Kenali Tanda-tandanya

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 29 Des 2022 19:00 WIB
DOHA, QATAR - OCTOBER 25: Mohamed Hadid and Bella Hadid attend a VIP dinner celebrating the opening of new exhibition Bella Hadid. Foto: Dave Benett/Getty Images for Qatar Creates & Qatar Museums
Jakarta -

Gaya rambut para selebriti sering jadi panutan para wanita. Selama 2022, tatanan konde yang dipopulerkan Bella Hadid, Kendall Jenner hingga Hailey Bieber jadi viral dan ditiru banyak wanita. Meski terlihat trendy dan praktis, beberapa pakar mewanti-wanti pengaplikasiannya karena disebut bisa menyebabkan kebotakan.

'Clean girl aesthetic' menjadi salah satu tren kecantikan belakangan ini. Daripada gaya rambut atau makeup yang terlalu menor, penampilan yang terkesan natural dan effortless memang kini difavoritkan. Untuk rambut, bun atau konde yang ketat, diangkat ke atas, dan dibuat rapi. Banyak selebgram yang membuat tutorialnya di media sosial semakin membuatnya populer.

CANNES, FRANCE - MAY 24: US model Bella Hadid arrives for the screening of the film âLâinnocent (The Innocent)â at the 75th annual Cannes Film Festival in Cannes, France on May 24, 2022. (Photo by Mustafa Yalcin/Anadolu Agency via Getty Images)CANNES, FRANCE - MAY 24: US model Bella Hadid arrives for the screening of the film âLâinnocent (The Innocent)â at the 75th annual Cannes Film Festival in Cannes, France on May 24, 2022. (Photo by Mustafa Yalcin/Anadolu Agency via Getty Images) Foto: Anadolu Agency via Getty Images

Terlihat menawan dan elegan saat diterapkan seleb di karpet merah, hal itu tidak disarankan untuk dilakukan terlalu sering. Dilansir Daily Mail, The American Academy of Dermatology Association (AAD)menyarankan orang-orang untuk tidak menarik rambut setiap hari dan sedikit melonggarkannya kalaupun harus melakukannya.

Dikatakan jika terlalu sering mengonde rambut seperti Bella Hadid bisa menyebabkan alopecia yang disebabkan tarikan. Gaya tersebut membuat tekanan pada folikel rambut dan ketika folikel itu rusak dan menimbulkan luka, nantinya akan sulit untuk rambut tumbuh.

@melisekrem

Selain konde ala 'clean girl', gaya rambut lain yang bisa menyebabkan kebotakan adalah ekor kuda atau kepang yang terlalu kencang. Jika dilakukan terlalu sering, biasanya kebiasaan itu akan membuat garis rambut bagian depan terlihat mundur.

Bagaimana cara mengetahui bahwa kamu harus mengurangi intensitas pengalikasian gaya rambut konde? AADA mengungkap beberapa tandanya, seperti kepala terasa pusing ketika diikat, rasa menyengat di kulit kepala, timbulnya kerak di kulit kepala, dan tenting atau bentuk kepala yang mengerucut seperti tenda pada bagian yang sering ditarik.

Alopedia karena tarikan juga kerap diawali dengan benjolan kecil seperti jerawat, rambut rontok atau patah, kemerahan, gatal, bersisik, folikel rambut meradah bahkan melepuh dan berisi nanah.

(ami/ami)