ADVERTISEMENT

Ini Manfaat Serum Bakuchiol & Cara Pemakaiannya

Kiki Oktaviani - wolipop Minggu, 11 Sep 2022 14:30 WIB
Skincare and beauty concept. Portrait shot of young asian woman applying serum or essential oil on facial skin. Model in white bathrobe moisturizing derma with vitamin E, collagen and hyaluronic acid Foto: Getty Images/iStockphoto/brizmaker
Jakarta -

Bakuchiol menjadi bahan skincare yang kini tengah populer. Sejumlah brand kecantikan memasukkan bahan tersebut di produk skincare mereka. Apa saja manfaat serum Bakuchiol dan bagaimana pemakaiannya?

Bakuchiol berasal dari biji Psoralea corylifolia, juga dikenal sebagai tanaman babchi. Bahan ini telah ditemukan dalam pengobatan Ayurveda dan Timur selama berabad-abad.

Bahan alami tersebut telah diteliti mampu sebagai perawatan antiaging, menghaluskan kulit dan merangsang produksi kolagen kulit. Bakuchiol juga dikenal dapat mencerahkan kulit.

Bakuchiol sering disebut sebagai bahan alternatif retinol. Kedua bahan tersebut pada dasarnya berbeda. Bakuchiol datang dari bahan alami. Sementara retinol berasal dari turunan vitamin A.

"Bakuchiol punya efek seperti retinol yang nggak cuma ada efek pencerah, termasuk bakuchiol yang juga memiliki efek antiaging, pengencangan kulit. Jadi nggak cuma cerahnya kulit saja diperhatikan," ujar dr. Andalusia M. Admar, tim developer dari Mera Indonesia yang baru-baru ini merilis produk skincare Intensive Renew.

Mera, skincare lokalMera, skincare lokal Foto: dok. Mera

Dokter Andulia menjelaskan kelebihan serum bakuchiol dibanding retinol. Menurutnya, bakuchiol lebih aman dipakai dibanding retinol.

"Retinol punya efek iritasi pada kulit. tapi bahan bakuchiol ini tidak. Makanya ini lebih aman, namun punya efek sebanding," jelasnya.

"Bakuchiol masih sangat soft. Kita sudah tes market sudah sangat aman," tambahnya.

Cara menggunakan serum bakuchiol tidak ada format khusus. Pertama, cuci wajah sampai bersih. Setelah itu bisa menggunakan toner atau essence, kemudian serum bakuchiol bisa langsung digunakan. Seperti dijelaskan dr. Andalusia, serum bakuchiol dari iritasi sehingga aman untuk digunakan setiap hari.

Salah satu serum bakuchiol lokal terbaru adalah dari Mera Indonesia dari rangkaian Intensive Renew. Produk lokal yang baru merilis produknya di Turki itu memiliki rangkaian skincare lain yakni facial wash, night cream hingga day cream yang diklaim dapat mencerahkan kulit dalam 14 hari. Selain memiliki kandungan bakuchiol, rangkaian skincare Intensive Renew dari Mera Indonesia itu juga memiliki bahan Licorice, Decapeptide-12 dan Chromabright.



Simak Video "'Brand New' Jadi Titik Balik XIUMIN EXO"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)