ADVERTISEMENT

4 Cara Mengempeskan Jerawat Paling Ampuh dan Alami Berdasarkan Sains

Arina Yulistara - wolipop Kamis, 10 Mar 2022 12:08 WIB
Cara mengempiskan jerawat. Foto: Getty Images/PeopleImages Cara mengempiskan jerawat. Foto: Getty Images/PeopleImages
Jakarta -

Sedang mencari cara mengempeskan jerawat secara cepat? Dibanding menggunakan krim dengan bahan kimia, coba cara mengempeskan jerawat yang cepat dan alami.

Jerawat merupakan penyakit kulit umum yang pernah dialami 85% orang di seluruh dunia. Bahkan beberapa orang mencari cara mengempeskan jerawat hingga frustasi karena sulit dihilangkan.

Saat mencoba sejumlah cara mengempeskan jerawat yang konvensional, beberapa orang malah mengalami iritasi kulit hingga kekeringan. Oleh sebab itu, banyak orang beralih pada cara mengempeskan jerawat dengan obat walaupun hanya sedikit yang terbukti secara ilmiah bisa efektif menghilangkannya.

Mengutip dari Healthline, ada empat cara mengempeskan jerawat paling ampuh dan alami yang bisa dicoba. Keempat cara mengempeskan jerawat ini sudah melewati beberapa penelitian dan terbukti lebih efektif dalam mengempeskan jerawat.

Berikut cara mengempeskan jerawat paling ampuh, cepat, dan alami:

1. Tea Tree Oil

Tea tree oil merupakan salah satu cara mengempeskan jerawat yang paling ampuh dan alami. Tea tree oil diekstrasi menggunakan daun pohon Melaleuca alternifolia, yang berasal dari Australia.

Tea tree oil dikenal akan kemampuannya untuk melawan bakteri dan mengurangi peradangan kulit. Secara khusus, tea tree oil juga membantu melawan P. acnes dan S. epidermidis, dua jenis bakteri yang dapat menyebabkan jerawat.

Satu studi menemukan bahwa 5% gel tea tree oil hampir empat kali lebih efektif dalam mengurangi jerawat dan hampir enam kali lebih efektif dalam mengurangi keparahan jerawat daripada plasebo.

Dalam penelitian lain, gel yang mengandung 5% tea tree oil terbukti sama efektifnya dalam mengurangi jerawat seperti lotion yang mengandung 5% benzoil peroksida, obat jerawat pada umumnya.

Tak heran bila menjadi salah satu cara mengempeskan jerawat yang ampuh. Namunp untuk dicatat bahwa tea tree oil sangat ampuh dan dapat menyebabkan kemerahan serta iritasi jika dioleskan langsung ke kulit.

Untuk alasan ini, kamu harus mengencerkannya terlebih dahulu baru mengoleskannya pada area munculnya bintik merah tersebut.

2. Cara Mengempeskan Jerawat dengan Minyak Esensial

Selain tea tree oil, ada beberapa minyak esensial yang bisa menjadi cara mengempeskan jerawat. Banyak minyak esensial lainnya dengan sifat antibakteri dan anti-inflamasi sehingga bisa membantu mengempeskan jerawat dengan cepat.

Sebuah tinjauan ilmiah besar menemukan bahwa minyak esensial cinnamon, mawar, lavender, rosemary, lemongrass, dan cengkeh, bisa membantu melawan bakteri penyebab jerawat S. epidermidis dan P. acnes. Untuk itu, menjadi salah satu cara mengempeskan jerawat yang alami.

Satu studi membandingkan kemampuan melawan jerawat antara minyak cengkeh-kemangi, 10% benzoil peroksida, dan plasebo. 2% dan 5% minyak cengkeh ditemukan lebih efektif dan cepat dalam mengurangi jerawat daripada benzoil peroksida.

Studi lain menemukan bahwa gel yang mengandung acetic acid, jeruk, dan minyak esensial kemangi menghasilkan peningkatan 75% dalam tingkat penyembuhan jerawat. Cara mengempeskan jerawat dengan minyak esensial juga tidak boleh langsung ke kulit.

Minyak esensial sangat terkonsentrasi dan dapat menyebabkan iritasi jika dioleskan langsung ke kulit. Pastikan untuk mengencerkan semua minyak esensial sebelum menggunakannya.

3. Teh Hijau

Banyak orang minum teh hijau demi mendapatkan manfaat kesehatannya tapi juga bisa membantu bila dioleskan langsung ke kulit. Itu mengapa teh hijau menjadi cara mengempeskan jerawat yang ampuh dan alami.

Bagaimana cara mengempeskan jerawat secara alami dengan teh hijau? KLIK HALAMAN SELANJUTNYA.

Selanjutnya
Halaman
1 2