ADVERTISEMENT

Dokter Kulit Tak Sarankan Mandi Tiap Hari, Tapi Wajib Cuci 3 Bagian Tubuh Ini

Hestianingsih - wolipop Minggu, 27 Mar 2022 15:00 WIB
back view of attractive african american woman with sponge taking shower Foto: iStock
Jakarta -

Mandi merupakan aktivitas sehari-hari yang dilakukan untuk menjaga kebersihan. Namun sejumlah pakar berpendapat mandi setiap hari justru tidak baik bagi tubuh, terutama kulit.

Seperti dikutip dari Brightside, mandi terlalu sering dapat mengakibatkan kulit kering, terlebih lagi jika menggunakan sabun yang abrasif. Selain itu sabun juga mengikis kelenjar minyak dan lipid yang bertugas mencegah inflamasi dan menjaga kulit tetap halus.

Menurut Dr. Chris, pengisi acara This Morning di stasiun ITV, mandi setiap hari juga akan membunuh bakteri baik yang hidup di permukaan kulit. Bakteri ini bertugas mencegah peradangan pada kulit.

Sementara Sandy Skotnicki, MD, seorang dermotologist menyarankan agar tidak mandi setiap hari. Tapi perlu diingat, tidak mandi, bukan berarti tidak menjaga kebersihan tubuh.

Sandy menyarankan meskipun tidak mandi tetap harus selalu membersihkan tiga bagian tubuh yang krusial ini:

1. Ketiak

Sangat penting menjaga kebersihan ketiak. Jadi di hari ketika tidak mandi, disarankan tetap membersihkan area ketiak. Bisa dengan mencucinya dengan air dan sabun mandi atau tisu basah yang memiliki kandungan antiseptik.

2. Selangkangan

Pangkal paha atau selangkangan merupakan area tubuh yang mudah lembap sehingga berpotensi jadi sarang bakteri dan jamur. Untuk itu penting membersihkan bagian tubuh ini setiap hari. Gosoklah area selangkangan dengan air dan sabun, lalu bilas dan keringkan.

3. Kaki

Kaki adalah bagian tubuh paling penting yang tidak boleh terlewat dibersihkan setiap hari. Sebab kaki bisa saja menginjak permukaan yang kotor dan menumpuk kotoran serta kuman. Terlebih lagi jika sehari-harinya kamu beraktivitas di luar menggunakan sepatu dan kaus kaki, karena kulit kaki akan lembap dan jadi sarang bakteri, jika tidak sering-sering dibersihkan.

Kamu bisa cuci kaki dengan air dan sabun. Untuk efek relaksasi dan mengatasi lelah, merendam kaki di air hangat yang sudah diberi minyak esensial atau garam laut, bisa juga dicoba.



Simak Video "Tentang Amou Haji, Pria Terkotor Sedunia yang Meninggal Usai Mandi"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)