Tips Merawat Shower Set pada Kamar Mandi Anda

Sponsored - wolipop Jumat, 17 Des 2021 11:01 WIB
Germany Brilliant Sanitaryware Foto: Germany Brilliant Sanitaryware
Jakarta -

Setiap rumah, apartemen, hotel, dan juga bangunan Anda pasti memiliki kamar mandi. Kebanyakan kamar mandi saat ini sudah menggunakan shower set dengan desain minimalis maupun klasik.

Harga yang ditawarkan pun beragam, dari shower berkisar ratusan ribu rupiah sampai dengan ratusan juta rupiah. Kali ini Germany Brilliant (GB) Sanitaryware ingin berbagi tips cara merawat shower agar tetap berfungsi maksimal dan tetap terlihat kinclong.

Cara Membersihkan Bagian Luar Permukaan Shower

● Keringkan shower yang masih basah dengan kain halus, agar bagian permukaan tidak lecet. Biasanya pada saat selesai mandi shower tidak selalu dikeringkan sehingga menyebabkan kerak pada permukaan shower, baik yang berbahan stainless maupun yang berbahan krom.

● Oleskan cairan pembersih khusus pada lapisan permukaan shower. Gosok dengan kain halus, lalu diamkan cairan yang menempel pada bagian permukaan shower hingga kering. Cairan pembersih dapat ditemukan di toko/supermarket perlengkapan bahan bangunan.

● Setelah cairan kering, bersihkan permukaan shower dengan kain halus hingga bersih. Sangat disarankan bilas permukaan shower dengan air untuk menghilangkan sisa serbuk, lalu keringkan. Permukaan shower Anda kembali bersih serta mengkilap. Cara membersihkan permukaan shower dapat dilihat di sini.

Germany Brilliant SanitarywareFoto: Germany Brilliant Sanitaryware

Cara Membersihkan Bagian Dalam Shower

● Pada bagian dalam shower biasanya juga terdapat kendala, selain yang bersumber dari fungsi mekanikal shower. Faktor air sangat berpengaruh pada fungsi maksimal sebuah shower. Misalkan air yang mengandung zat kapur yang kotor dapat menghambat lubang keluarnya air pada shower.

Sehingga menyebabkan keluarnya air kecil dan atau sebagian air tidak keluar dari lubang shower. Hal ini juga sering terjadi pada instalasi air kamar mandi yang baru dibangun maupun kamar mandi yang baru saja direnovasi. Serbuk potongan pipa, sisa lem, sisa kotoran terkadang masih tersisa pada pipa air.

● Instalasi air kamar mandi yang baru dibangun maupun renovasi, sebaiknya dialirkan air dahulu untuk membuang sisa kotoran yang menumpuk pada bagian dalam pipa setelah itu baru shower dipasang. Hal ini untuk menghindari shower tersumbat.

● Membersihkan bagian hand shower yang tersumbat karena kotoran dapat dilakukan dengan cara, membuka selang fleksibel pada hand shower dengan cara diputar berlainan arah di kedua alatnya, mencuci saringan yang tersumbat, biasanya saringan ini terletak di antara selang fleksibel dan hand shower.

Pada hand shower dapat menggunakan jarum untuk menusuk bagian lubang shower yang tersumbat untuk mengeluarkan kotoran. Setelah semuanya sudah bersih, alirkan air bilas pada lubang tersebut hingga bersih.

● Membersihkan bagian head shower yang tersumbat bisa dengan membuka head shower dengan cara diputar. Lalu bersihkan saringan yang tersumbat. Biasanya saringan ini berada di antara head shower dan batang pipa shower.

Pada head shower dapat menggunakan jarum untuk menusuk bagian lubang shower yang tersumbat untuk mengeluarkan kotoran. Setelah semuanya sudah bersih alirkan lubang tersebut dengan air dan bilas hingga bersih.

● Membersihkan bagian sput keran shower bagian bawah, buka sput keran shower dengan alat. Sebaiknya sput dilapisi dengan kain untuk mencegah goresan pada permukaannya. Setelah terbuka, cuci bersih saringan yang tersumbat kotoran dan pasang kembali.

● Membersihkan bagian control cartridge (alat pemindah air dari sput keran ke hand shower atau ke head shower). Jika bagian control catridge kotor dan tersumbat maka seluruh berakibat air keluarnya kecil, bahkan tidak keluar sama sekali.

Membersihkan control catridge bisa dengan cara membuka tuas atau tombol control catridge dengan menggunakan kunci L. Lalu buka ring dengan menggunakan kunci pas atau kunci inggris. Sebaiknya dilapisi kain untuk mencegah goresan, setelah itu cabut control catridge dan dibersihkan, dan pasang kembali.

Germany Brilliant SanitarywareFoto: Germany Brilliant Sanitaryware

Cara Menangani Kebocoran pada Shower Set

● Selain air yang tersumbat, kendala pada shower set adalah kebocoran. Hal ini biasanya disebabkan oleh faktor instalasi dan faktor fungsi daya tahan mekanikal dari sebuah produk. Dalam hal fungsi instalasi, biasanya kebocoran terletak di antara ujung pipa instalasi air yang menghubungkannya dengan drat sambungan shower.

Pada saat memasang drat shower ke pipa sebaiknya menggunakan seal tape yang cukup untuk menghindari kebocoran. Begitu juga karet seal pada kedua drat wajib dalam kondisi baik dan terpasang.

● Faktor lain yang menyebabkan kebocoran pada shower set adalah alat teknis pada bagian shower yang biasanya disebut dengan catridge mixer. Kendala yang terjadi cartridge mixer longgar atau pecah. Hal yang harus dilakukan adalah, jika catridge mixer longgar langkah yang dilakukan adalah buka tuas yang fungsinya membuka tutup air dengan kunci L, lalu buka ring cover putar ke arah kiri. Biasanya dapat dibuka hanya menggunakan tangan tanpa alat.

Cartridge mixer yang kendor segera dikencangkan dengan kunci pas atau kunci inggris, lalu pasang kembali ring dan tuas.

● Jika catridge mixer pecah langkah yang dilakukan adalah buka tuas yang fungsinya membuka tutup air dengan kunci L. Lalu buka ring cover dan putar ke arah kiri. Biasanya tuas ini dapat dibuka hanya menggunakan tangan tanpa alat.

Selanjutnya buka ring cartridge mixer dengan kunci pas. Lepaskan catridge mixer dan ganti catridge mixer yang retak atau pecah. Kemudian pasang kembali setiap ring dan tuas.

Germany Brilliant SanitarywareFoto: Germany Brilliant Sanitaryware

Selain tips di atas terkait tata cara pembersihan dan menangani shower set yang tersumbat dan juga bocor, kami sangat menyarankan untuk mempelajari terlebih dahulu sebelum membeli. Pastikan produk yang akan dibeli memiliki sparepart lengkap, bergaransi dan terdapat layanan purna jual.

Shower set yang disarankan berbahan dasar kuningan, dengan catridge mixer berbahan keramik serta tombol control cartridge yang berbahan keramik juga. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang baru akan membeli shower set. Atau yang tengah mengalami kendala pada shower set setelah pemasangan.

Untuk mengetahui informasi seputar produk Germany Brilliant (GB) Sanitaryware bisa mendatangi langsung showroom yang berlokasi di Sentra Niaga 5 Blok SN 5, RT.1/RW.8, Pusaka Rakyat, Kec. Tarumajaya, Bekasi, Jawa Barat 17214. Bisa juga dengan mengunjungi laman www.germanybrilliant.com. Atau ke laman media sosial Instagram @gbsanitary1 dan WhatsApp di 0812-1788-899.

(Content Promotion/Germany Brilliant Sanitaryware)