Jerawat di Lengan, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Annissa Kamila - wolipop Kamis, 25 Mar 2021 14:45 WIB
Ilustrasi Jerawat di Lengan Ilustrasi jerawat di lengan. Foto: Getty Images/iStockphoto/metamorworks
Jakarta -

Jerawat merupakan masalah kulit yang dianggap mengganggu. Jerawat disebabkan oleh beberapa hal seperti keturunan, hormon, gaya hidup, dan lain sebagainya. Jerawat pada umumnya muncul di area wajah. Namun ternyata ada juga jerawat di lengan.

Jerawat di manapun letaknya di tubuh pastinya menjadi masalah yang mengganggu. Agar tidak semakin parah, sebaiknya kamu menghindari memencet jerawat.

Seperti dikutip dari byrdie, bintik atau benjolan di lengan yang kamu anggap sebagai jerawat, ternyata belum tentu karena hal tersebut. Sejumlah masalah kulit juga memiliki ciri mirip jerawat. Kondisi-kondisi tersebut di antaranya:

Keratosis Pilaris: penyakit kulit yang membuat penderita merasa memiliki kulit kasar seperti kulit ayam sehingga disebut sebagai penyakit kulit ayam. Kondisi ini menimbulkan bentol-bentol kecil di kulit lengan seperti jerawat. Biasanya tidak menimbulkan rasa nyeri atau gatal. Hal ini diakibatkan sel-sel kulit yang melapisi folikel rambut gagal terkelupas dengan baik dan malah menyumbat.

Folikulitis: masalah kulit ini menimbulkan benjolan merah di lengan sehingga mirip seperti jerawat. Hal ini disebabkan oleh peradangan yang terjadi pada folikel rambut yang disebabkan oleh infeksi bakteri di kulit lengan.

Biduran: menyebabkan bintik-bintik kecil berwarna merah atau putih yang disertai rasa gatal dan bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya. Menurut, Annie Gonzalez, MD, FAAD, seorang dokter kulit bersertifikat yang berdomisili di Miami, biasanya biduran dapat disebabkan oleh stres atau reaksi alergi.

Ilustrasi Jerawat di LenganIlustrasi Jerawat di Lengan Foto: Getty Images/iStockphoto/metamorworks


Penyebab Jerawat di Lengan

Setelah mengetahui apa saja kondisi yang menyerupai jerawat di lengan, kini saatnya mengetahui penyebabnya. Gaya hidup yang tidak sehat, seperti pola makan dan kurang minum air putih dapat menyebabkan jerawat seperti daerah lengan. Selain itu, salah satu alasan umum jerawat di lengan muncul adalah karena faktor kebersihan, perubahan hormonal, dan rutinitas perawatan kulit.

Kemungkinan lainnya penyebab jerawat di lengan yaitu keringat yang terperangkap ketika memakai pakaian yang ketat. Kondisi ini menyebabkan keringat tidak dapat keluar dan terperangkap pada pori-pori kemudian menjadi jerawat pada kulit lengan.

Cara Mencegah Jerawat di Lengan

Jika kamu mengalami kondisi jerawat di lengan dan terjadi kondisi-kondisi seperti alergi atau sebagainya, sebaiknya kamu mencari tahu dengan meminta bantuan dokter kulit ya. Namun, pada umumnya kamu dapat mencegah jerawat di lengan dengan:

- Menghindari penggunaan pakaian yang ketat. Jika kamu menggunakannya untuk kebutuhan olahraga, pastikan untuk segera mandi dan berganti pakaian setelah selesai olahraga.
- Membersihkan tubuh secara menyeluruh
- Melakukan eksfoliasi dua sampai tiga kali setiap pekan menggunakan scrub
- Memakai pelembab. Kulit yang kering bisa menyebabkan tubuh lebih banyak memproduksi minyak, inilah yang dapat menyebabkan jerawat di lengan.

Cara Mengatasi Jerawat di Lengan

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jerawat di lengan dan kamu harus melakukannya secara rutin. Salah satunya melakukan pengelupasan kulit secara teratur, termasuk luluran.

Cara berikutnya untuk mengatasi jerawat di lengan dengan menggunakan sabun mandi yang memiliki kandungan untuk melawan jerawat seperti salicylic acid. Dan setelah mandi jangan lupa memakai pelembab tubuh agar kulit tidak kering.



Simak Video "Solusi Mengatasi Jerawat Membandel Akibat Penggunaan Masker"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)