Skincare Wirda Mansur Dikritik, Dokter Ungkap Cara Pakai Serum yang Benar

Gresnia Arela Febriani - wolipop Rabu, 02 Mar 2022 13:45 WIB
Foto Wirda Mansur. Foto Wirda Mansur. Foto: Dok. Instagram @wirda_mansur.
Jakarta -

Setelah kuliahnya jadi sorotan, Wirda Mansur kembali menuai kritik dari warganet. Kali ini karena dia membagikan cara menggunakan serum wajah di akun Instagram pribadinya. Ia memberikan cara perawatan kulit wajahnya agar bisa glowing.

"Ini serum tuh bisa dipakai untuk yang berjerawat maupun nggak. Nah kalo gue tuh pake dibekas-bekas jerawat hormonal gue," tulis Wirda.

"Ini warnanya tuh kayanya susah banget diilangin gitu lho, warna merah gitu," lanjut Wirda.

Anak sulung Ustaz Yusuf Mansur itu mengaplikasikan serum dari brand skincare miliknya. Warganet menuding cara Wirda Mansur mengaplikasikan serum tidak benar alias salah. Sebab dia menempelkan pipet serum ke wajahnya.

Foto Wirda Mansur.Foto Wirda Mansur saat mengaplikasikan serum wajah. Foto: Dok. Instagram @wirda_mansur.

Lalu bagaimana seharusnya cara menggunakan serum wajah yang benar?

Wolipop mewawancarai dr. Gaby Syerly, M.Biomed, Anti Aging Medicine (AMM) dari Youth & Beauty Clinic, untuk membahas seputar serum wajah yang digunakan oleh Wirda Mansur. Dr. Gaby menjelaskan manfaat serum wajah adalah sebagai nutrisi untuk kulit. Serum wajah biasanya berbentuk cair sehingga lebih mudah diserap oleh kulit.

"Serum biasanya dosisnya lebih pekat, kental dan khusus yang digunakan sebagai advance skincare untuk memberikan asupan pada kulit. Agar kulit menjadi sehat," ungkap dr. Gaby kepada Wolipop lewat pesan suara, Selasa (1/3/2022).

Foto dr. Gaby Syerly, M.Biomed (Anti Aging Medicine). Pendiri dan penanggung jawab Youth & Beauty Clinic.Foto dr. Gaby Syerly, M.Biomed (Anti Aging Medicine). Pendiri dan penanggung jawab Youth & Beauty Clinic. Foto: Dok. pribadi dr. Gaby Syerly.

Dokter kecantikan yang kerap memberikan edukasi seputar perawatan wajah, melalui akun Instagramnya @dr.gabysyer itu mengungkapkan fungsi ampoule atau pipet yang terdapat pada packaging serum wajah. Pipet berfungsi mempermudah pemakaian serum.

"Cara pakai pipet serum itu mengoleskan ke wajah. Padahal fungsi dari pipet sendiri itu adalah untuk meneteskan serum, karena serum sifatnya cair dan mempermudah mengaplikasikan ke wajah," terang dr. Gaby yang sudah menangani berbagai pemasalahan kulit selebriti Tanah Air, seperti Ashanty, Aurel, Tyas Mirasih, Feni Rose, Sheza Idris dan masih banyak lagi.

Menanggapi unggahan Wirda Mansur, Dokter Gaby menambahkan cara pemakaian serum wajah yang benar adalah dengan menggunakan pipet, serum bisa diteteskan langsung di wajah. Namun jangan sampai pipet tersebut menyentuh kulit.

"Cara pemakaian yang benar bisa meneteskan terlebih dahulu serum ke telapak tangan dulu, lalu diratakan ke wajah atau ditetes ke wajah langsung satu atau dua tetes di dahi, pipi kiri, pipi kanan, hidung dan dagu kemudian diratakan," kata dokter Gaby.

Dokter Gaby berharap wanita Indonesia lebih cermat dan pintar ketika melihat iklan yang berada di media sosial. "Mungkin ada orang awam yang tidak tahu cara menggunakannya, jadi kayak 'semau gue' aja pakainya. Padahal fungsi dari pipet serum itu adalah untuk meneteskan serum atau cairan bukan mengoleskan. Karena serum sifatnya cair, jadi butuh pipet. Untuk mempermudah mengaplikasikan ke wajah," pungkasnya.

(gaf/eny)