ADVERTISEMENT

8 Penyebab Jerawat di Dahi yang Harus Dihindari, Jangan Stres

Arina Yulistara - wolipop Kamis, 06 Jan 2022 13:30 WIB
Ilustrasi seorang wanita yang punya jerawat di dahi Penyebab jerawat di dahi. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Sering tidak merasa percaya diri karena ada jerawat di dahi? Apa sebenarnya penyebab jerawat di dahi?

Apa pun penyebab jerawat di dahi, seringkali membuatmu tidak percaya diri. Saat memiliki jerawat di dahi maka sulit menutupinya, terutama bagi wanita berhijab.

Kamu mungkin tidak mengerti penyebab jerawat di dahi tapi bintik merah tersebut sangat mengganggu penampilan. Meski bisa ditutupi menggunakan poni namun kalau pergi renang atau tertiup angin maka tetap terekspos jelas.

Mengutip Healthline, penyebab jerawat di dahi sama saat muncul pada area wajah lainnya. Penyebab jerawat di dahi karena pori-pori tersumbat, minyak berlebih, dan sel kulit mati.

Bakteri tumbuh di dalam dan menciptakan benjolan pada kulit. Benjolan merah tersebut yang disebut jerawat. Ada beberapa faktor penyebab jerawat di dahi yang mungkin ke depannya bisa dihindari.

Yuk pahami penyebab jerawat di dahi beserta cara alami mengatasinya:

1. Hormon

Salah satu penyebab jerawat di dahi yang paling utama karena hormon. Tak heran bila memasuki masa remaja serta kehamilan bisa menimbulkan jerawat pada dahi.

Penyebab jerawat di dahi bisa karena lonjakan hormon yang meningkatkan produksi minyak sehingga menyebabkan hadirnya bintik merah tersebut. Saat mengalami perubahan hormon, dahi menjadi area paling umum ditumbuhi jerawat.

2. Rambut

Rambutmu juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab jerawat di dahi lho. Jika tidak sering mencuci rambut atau memiliki rambut berminyak maka bisa menjadi penyebab jerawat di dahi.

Minyak bisa mengendap di dahi yang akhirnya membuatmu berjerawat. Rambut bisa menjadi penyebab jerawat di dahi karena rambut karena minyak tersebut menyumbat pori-pori di sana.

3. Produk Perawatan Rambut

Ternyata produk perawatan rambut juga merupakan faktor penyebab jerawat di dahi. Beberapa produk rambut bisa menjadi penyebab jerawat di dahi, seperti pomade, gel, atau minyak rambut.

Produk tersbeut sering mengandung bahan seperti cocoa butter atau coconut oil. Kemudian bisa mempengaruhi kulit menjadi lebih berminyak dan menjadi penyebab jerawat di dahi.

4. Kosmetik

Penyebab jerawat di dahi lainnya karena kosmetik. Mungkin Bunda menggunakan produk kecantikan baru sehingga ini lah yang menjadi penyebab jerawat di dahi. Uji coba produk selama beberapa hari, jika menyebabkan tumbuhnya jerawat di dahi maka sebaiknya sudahi saja.

5. Iritasi karena Pakaian

Selanjutnya mungkin penyebab jerawat di dahi bisa karena iritasi pakaian. Topi atau ikat kepala yang digunakan dapat mengiritasi bagian dahi, terutama jika kulit sensitif.

6. Sering Menyentuh Wajah

Salah satu faktor penyebab jerawat di dahi karena sering menyentuh wajah. Sebenarnya tidak hanya menjadi penyebab jerawat di dahi tapi juga area lainnya.

Ingat, jari-jarimu menyimpan minyak yang bisa menjadi penyebab jerawat di dahi. Bakteri bisa berpindah ke kulit dan ke dalam pori-porimu.

7. Stres

Ternyata stres juga merupakan faktor tinggi penyebab jerawat di dahi. Ada hubungan antara stres dan penyebab jerawat di dahi. Meski demikian, penelitian belum bisa membuktikannya.

8. Konsumsi Obat-obatan Tertentu

Bagaimana konsumsi obat-obatan tertentu bisa menjadi penyebab jerawat di dahi? Beberapa jenis obat bisa menjadi penyebab jerawat di dahi sebagai efek sampingnya.

Contohnya, ketika kamu mengonsumsi antikonvulsan, barbiturat, dan litium, yang bisa menjadi salah satu penyebab jerawat di dahi.



Simak Video "Solusi Mengatasi Jerawat Membandel Akibat Penggunaan Masker"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)