ADVERTISEMENT

Rasanya Pahit, Ini Manfaat Mengkudu untuk Kesehatan dan Kecantikan

Gresnia Arela Febriani - wolipop Sabtu, 27 Nov 2021 14:00 WIB
Fresh Noni Fruit used frequently in health drinks. Manfaat buah mengkudu. Foto: Getty Images/iStockphoto/temmuzcan
Jakarta -

Mengkudu selain dikenal punya banyak manfaat kesehatan, bisa juga untuk kecantikan. Mengkudu merupakan buah yang banyak tumbuh di Asia. Bentuknya lonjong kecil dengan warna hijau dan kekuningan ketika matang. Buah yang tak umum dikonsumsi karena aromanya menyengat dan rasanya pahit ini ternyata memiliki banyak manfaat. Apa saja manfaat mengkudu?

Menurut dr. Claudia Christin, Ph.D (Dermatology), mengkudu mempunyai banyak manfaat bagi tubuh.

"Mengkudu adalah tanaman herbal yang baik untuk menurunkan kadar gula, kolesterol, dan mengurangi nyeri sendi juga," ungkap dr. Claudia dalam acara Isyana's Skin Melody & Introducing N'PURE Noni Probiotics Series, Kamis (25/11/2021).

Fresh Noni Fruit used frequently in health drinks.Buah mengkudu yang kaya manfaat. Foto: Getty Images/iStockphoto/temmuzcan.

dr. Claudia menjelaskan banyak orang yang belum mengetahui mengkudu juga memiliki manfaat bagi kulit. Mengkudu bermanfaat untuk kecantikan wajah karena mengandung antioksidan.

Ekstrak mengkudu atau ekstrak noni (Morinda Citrifolia Fruit Extract) dapat menyembuhkan dan meremajakan kulit. Hal itu karena buah yang banyak ditemukan di Indonesia ini kaya akan vitamin dan mineral serta antioksidan yang tinggi.

"Manfaat mengkudu yang pertama ada antioksidan untuk mengangkal radikal bebas. Karena radikal bebas ini sebagai pengacau di kulit kita, yang bikin penuaan dini. Jadi secara tidak langsung ada efek anti agingnya juga. Mencegah munculnya kerutan-kerutan halus," jelasnya.

Antioksidan yang terkandung dalam ekstrak noni dapat melindungi kulit dari radikal bebas yang bisa membuat kulit kita menjadi stress, lebih sensitif, dan mengalami penuaan dini.

Mengkudu bisa dijadikan minuman yang menyehatkan seperti jus. Manfaat mengkudu menyediakan beragam nutrisi yang baik untuk tubuh. Karena sifatnya yang rendah kalori, tinggi vitamin C, hingga potasium. Mengkudu juga dapat meningkatkan imunitas tubuh hingga sehatkan jantung. Berikut manfaat jus mengkudu.

(gaf/eny)